Babinsa Bantu Petani Aliri Sawah Dengan Sumur Bor

379

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Ditengah-tengah kesibukannya Babinsa Koramil 06/Darul Aman Kodim 0104/Aceh Timur Koptu Yusuf melakukan pendampingan kepada para petani yang tengah melakukan proses pemasangan pipa air sumur bor, di gampong Lhok Geulumpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (26/7/2022).

Tibanya musim tanam padi kali ini para petani di Desa Lhok Geulumpang memanfaatkan sumur bor untuk mengairi areal pesawahan mereka, mengingat saluran irigasi untuk pengairan kesawah masih sangat terbatas sehingga para petani berinisiatif memanfaatkan sumur Bor untuk mencukupi asupan air kesawah.

Menurut Babinsa Yusuf bila musim kemarau seperti sekarang sumur atau irigasi akan menjadi kering. Hal ini akan berdampak pada petani dalam melakukan pengairan tanaman karena ketersediaan sumber air yang semakin terbatas.

“Ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan kekeringan lahan di sawah, sehingga para petani tidak perlu khawatir akan musim kemarau yang panjang, yang akan mengakibatkan tanaman padi mengalami puso (gagal panen) dikarenakan kekurangan air,” jelas Yusuf.

Adapun pembangunan sumur bor tersebut merupakan bantuan dari pemerintah Desa Lhok Geulumpang dengan harapan dapat meningkatkan ketahanan pangan ditingkat desa sehingga berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat khususnya di bidang pertanian Gampong. (AA)