Aktifkan Kembali Kegiatan Keagamaan, Dompet Dhuafa dan bodrex Lakukan #MerahPutihBeraksi Repainting Ratusan Musala

44

JAKARTA ketikberita.com | Dengan mulai pulihnya kondisi Indonesia dari pandemi COVID-19 yang sejalan dengan pernyataan WHO bahwa fase akut pandemi COVID-19 mulai berangsur berakhir pada pertengahan tahun 2022 ini, Dompet Dhuafa dan bodrex ingin kembali mengajak masyarakat Indonesia terutama umat muslim untuk bersama-sama kembali aktif dalam kegiatan keagamaan.

Ajakan tersebut ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk saling bergandeng tangan berperan aktif dalam membangun wilayah masing-masing agar kembali menjadikan tempat ibadah sebagai pusat kegiatan agama. Hal tersebut tentunya juga sebagai salah satu ikhtiar dalam upaya memakmurkan tempat ibadah.

Dalam kegiatan tersebut, bodrex menggandeng Dompet Dhuafa mengusung tema #bodrexMerahPutihBeraksi melakukan program Repainting Musala di beberapa kota yang tersebar di Indonesia. Program ini dilakukan selama periode Juli – September 2022, berlangsung di 21 kota yang berada di 11 Provinsi dengan melibatkan sebanyak 100 bangunan musala.

Rinciannya yaitu 5 musala di kota Jakarta, 20 di Jawa Barat, 7 di Jawa Tengah, 3 di Yogyakarta, 15 di Jawa Timur, 10 di Sumatera Utara, 10 di Sumatera Selatan, 10 di Lampung, 10 di Kalimantan Selatan, 5 di Sumatera Barat, dan 5 di Sulawesi Selatan.

Pada Selasa (19/7/2022), salah satu titik di Jakarta mulai berangsur rampung dan siap digunakan untuk aktivitas keagamaan. Ayrinna Tjahaja selaku Head Brand Communication & Content OTC Herbal & Medical devices PT Tempo Scan Pacific Tbk mengatakan, program ini merupakan program CSR untuk mengedukasi masyarakat supaya dapat lebih peduli dalam memakmurkan tempat ibadah melalui kegiatan membersihkan, merawat, dan memelihara tempat ibadah dengan gotong royong.

Ia melanjutkan, sejak tahun 2006 bodrex secara konsisten mengadakan kegiatan CSR untuk membantu masyarakat Indonesia terutama saat itu berfokus pada korban-korban bencana alam di berbagai daerah di Indonesia. Pada tahun 2020 bodrex melakukan rangkaian CSR #bodrexMerahPutihBerbagi, dimana bodrex memberikan bantuan kepada masyarakat di masa pandemi, seperti penyaluran paket berbuka puasa untuk tenaga medis di beberapa RS di Jakarta & Bandung, penyaluran APD kepada tenaga medis di beberapa RS di Jakata, penyaluran smartphone kepada anak-anak yang mengalami keterbatasan dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh, penyaluran paket Idul Fitri kepada para veteran Indonesia maupun penyaluran masker medis kepada mereka yang membutuhkan.

Tahun 2022 ini, bodrex mengangkat tema #bodrexMerahPutihBeraksi di mana spirit CSR kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak hanya sekedar memberi namun bodrex ingin mengajak masyarakat sekitar untuk turut serta berpartisipasi aktif membangun wilayah mereka terutama di bulan Ramadan kemarin.

“Seperti yang kita rasakan sendiri, Ramadan tahun ini mulai terasa berbeda dari 2 tahun sebelumnya. Setelah bertahun-tahun pandemi, umat muslim tidak bisa beribadah bersama sama di tempat ibadah. Namun tahun ini seiring dengan semakin membaiknya kondisi pandemi, mereka mulai kembali antusias untuk bisa beribadah kembali di musala. Karena hal itu, agar warga yang rindu beribadah di musala bisa beribadah dengan nyaman, bodrex dengan spirit kebersamaan, melibatkan warga sekitar untuk bergotong royong melakukan pengecatan musala di sekitar tempat tinggal mereka.

Harapannya sebagai obat sakit kepala nomor 1 di Indonesia, bodrex melalui program-program CSR dapat terus berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia dan menemani perjalanan anak bangsa kini hingga nanti,” jelas Ayrinna.

Ketua RW 4 Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Abdul Wahab menyambut baik program Repainting Musala yang hadir di masyarakatnya. Musala Baiturrahim yang berada di Jl. Kebagusan Dalam 1 No.44, RT.7/RW.4 terpilih untuk dicat ulang sebab kondisi dindingnya yang banyak mengelupas akibat kurang perawatan. Menurut Pak Dul, program ini memantik semangat warga untuk kembali giat melakukan aktivitas di musala yang sempat usang sejak pandemi.

“Saya mewakili para jamaah Musala Baiturrahim dan masyarakat RW 4 mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan bodrex atas program pengecatan ulang ini. Di sini dulunya para jamaah aktif melakukan salat dan pengajian. Insya Allah setelah ini, kegiatan-kegiatan itu akan aktif kembali,” ucapnya pada Selasa (19/7/2022) saat serah terima usai rampung pengecatan.

Selain Baiturrahim di Kebagusan, Musala Al Furqon yang beralamat di Jl. H. Ipin No.2, RT.11/RW.1, Pd. Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan pun menjadi target pengecatan. Di musala ini kerap diadakan pengajian, namun karena pandemi, terpaksa kegiatan-kegiatan keagamaan di sini harus diberhentikan. Beberapa sisi dinding pun mulai berubah warna karena jarang diperhatikan. Pada Kamis (21/9/2022), pengecatan Musala Al Furqon rampung dilakukan. Secara simbolis, tim Dompet Dhuafa dan bodrex menyerahkan bentuk donasi non-materi tersebut.

“Setelah dicat ulang, Alhamdulillah kegiatan keagamaan yaitu salat berjamaah, mengaji, tausiyah, dan lainnya kembali mulai aktif. Semoga program pengecatan ini menjadi amal jariyah bagi para donatur termasuk bodrex dan Dompet Dhuafa beserta tim yang terlibat,” ucap Abi Asep selaku Pengelola Musala Al Furqon.

Musala Al Furqon yang sudah berdiri sejak tahun 1970, kini mulai ramai jamaah. Kegiatan di musala ini terbilang aktif dan ramai setiap hari. Apalagi saat Ramadan, kegiatan seperti salat tarawih, tadarus, khataman dan lainnya setiap hari selalu berlangsung. (r/red)