Air Sungai Bedagai/Sei Rampah Sudah Tercemar Oleh Limbah

267

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Demi menjaga tubuh tetap sehat, disarankan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tidak lagi menggunakan air sungai Bedagai Kecamatan Tanjung Beringin dan Sei Rampah Kabupaten Sergai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut) sebagai kebutuhan sehari-hari.

Kedua sungai itu airnya sudah tercemar berdasarkan hasil pemeriksaan kadar air di Laboratorium PT. Mutu Agung Lestari Medan. Hasil pemeriksaan ini jelas Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Sergai Panisean Tambunan SE melalui Kabid Persampahan dan B3 Radius Tambunan ST,M.Si,Senin (25/11/2019) diruang kerjanya, sudah juga disampaikan kepada DPRD Sergai.

Bakteri yang ada di dalam air kedua sungai itu memiliki daya tahan dengan suhu panas,artinya jika pun dimasak belum bisa dipastikan bakteri itu bisa mati. Dampak dari penggunaan air sudah tercemar apabila digunakan oleh masyarakat maka akan menimbulkan penyakit diantaranya gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya. Oleh karena itu sebut Radius, perlu dilakukan pembersihan terhadap alur sungai dari pangkal hingga hingga ke hulu.

Perlunya ditimbulkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang kotoran, bangkai babi dan sampah ke dalam sungai. Pemeriksaan kadar air sungai ke Laboraturium pada tanggal 11 Nopember 2019 dan hasilnya diketahui pada tanggal 19 Nop 2019. Nah untuk menjaga kebersihan dan menghindari pencemaran air sungai, maka dihimbau seluruh masyarakat agar tetap menjaga kebersihan air dan perlu peningkatan pengawasan terhadp kebersihan air sungai, baik itu limbah yang dihasilkan oleh parbrik maupun rumah tangga.Ungkap Radius.(AfGans)