Aceh Tamiang Kini Miliki Lumbung Sosial

379

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Sosial mendapatkan bantuan logistik Lumbung Sosial dari Kementerian Sosial RI. Hal ini disampaikan oleh Bupati Mursil melalui Kepala Dinas Sosial, Zulfiqar, Senin (7/2/22) sore kemarin saat mendistribusikan bantuan tersebut ke masing-masing titik lokasi.

Diterangkan Zulfiqar, begitu tiba, pihaknya langsung mendistribusikan bantuan logistik Lumbung Sosial tersebut ke empat titik. Adapun ke empat titik lumbung sosial tersebut ialah Kecamatan Bandar Pusaka, Kecamatan Karang Baru, Kecamatan Bendahara dan Kecamatan Seruway.

“Barang-barang logistik yang sudah tiba langsung kita distribusikan hari ini. Dan ini merupakan logistik tahap pertama,” ujarnya kemarin.

Lebih lanjut Zulfiqar yang didampingi perwakilan Kemensos, Iqbal, merincikan, logistik yang diterima berupa berbagai macam sembako, sandang, obat-obatan, genset sebanyak 8 unit, dan tandon air sebanyak 8 unit.

“Untuk mesin genset, setiap kecamatan diberikan 1 unit genset dan 2 unit tandon air dan akan langsung di pasang oleh teknisi. Genset dan tandon air nantinya akan digunakan dalam kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana,” tambahnya lagi.

Ia juga menambahkan, sebelum bantuan lumbung sosial ini, melengkapi bantuan yang sudah tiba terlebih dahulu, yakni 1 unit perahu bermesin tempel, dan akan menyusul truk dapur umum (Dumlap) yang akan di fungsikan ketika bencana kembali melanda.

“Keseluruhan bantuan yang diberikan dari Kemensos RI ini, audiensi kami langsung kepada Bu Menteri Risma ketika beliau melakukan kunjungan lapangan usai banjir melanda Bumi Muda Sedia,” tutupnya mengakhiri.

Dilansir dari pelbagai sumber, Lumbung Sosial adalah bangunan permanen sebagai tempat penyimpanan dan persediaan barang-barang kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang dilengkapi dengan papan nama. Bangunan sekurangnya berukuran minimal 1 x 1 meter yang bertuliskan Lumbung Sosial Penanggulangan Bencana disertai dengan Logo Kementerian Sosial dan Pemerintah Daerah setempat. (ABS)