Jalan Lintas 5 Desa Wilayah Kemukiman Pemuka Mengalami Kerusakan

24

ACEH SINGKIL (Aceh) ketikberita.com | Setelah surutnya Jalan lintas kemukiman Pemuka, Kecamatan Singkil yang terdiri dari lima desa yaitu Selok Aceh, Ujung Bawang, Pea Bumbung, Pemuka dan Suka Damai pasca banjir mengalami kerusakan yang cukup parah dan membuat para pengendara kurang nyaman saat melintas. Jumat, (18/10/2024).

Dalam amatan ketikberita.com terlihat jalan umum pada desa yang berada di kemukiman Pemuka mengalami kerusakan yang serius terutama jalan umum Desa Selok Aceh dan desa Ujung Bawang kedua kondisi berlubang, bergelombang, kiri kanan bahu jalan tekelupas, retak, yang diakibatkan oleh gesekan banjir yang terjadi minggu 13 Oktober yang lalu.

Kemudian dalam pantauan ketikberita.com sebelum datangnya banjir dalam bulan ini juga jalan lintas kemukiman Pemuka sudah lama mengalami kerusakan.

Salah seorang Warga di kemukiman Pemuka, Mardin mengatakan sudah seharusnya pemerintah daerah jalan yang berada di desa Ujung Bawang dan Selok Aceh segera diperbaiki karena dua wilayah desa tersebut jalannya sungguh sangat memprihatinkan. dan sangat tidak nyaman pada saat melintas. Selain itu, Desa Pemuka dan desa Suka Damai saat ini juga terlihat berlubang. Ucapnya.

Saya berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil segera memperbaikinya secara total agar masyarakat merasa nyaman saat berlalu lintas untuk menjalani aktivitas sehari – hari. Harap Mardin.

Kemudian, tokoh masyarakat Singkil Ismail S Lubis melalui via whatsapp mengatakan Sungai yang bermuara ke Singkil melintasi setidaknya belasan Kabupaten Kota (sungai lintas sektoral), hulunya berada di Pegunungan Bukit Barisan (Sumut) sedangkan hulunya yang terjauh dan terbesar berada di kawah kawah Pegunungan Leuser (Aceh).

Ismail juga menambahkan Alternatif Solusi mengurangi Level permukaan air Sungai yang meluap seperti Banjir maupun Banjir kiriman di Kabupaten Aceh Singkil yaitu :
1. Normalisasi Sungai Primer, Sekunder dan Tersier dalam wilayah kabupaten Aceh Singkil.
2. Mengarahkan Alur Sungai dari Lentong ke Pasi tarandam.
3. Kembalikan Pungsi Lahan Hijau / Hutan sekitar 200 meter dan 50 meter dari bibir Sungai Primer, Sekunder dan Tersier ke daratan (Sempadan).
4. Kembalikan pungsi Rawa basah, Rawa gambut dan Rawa kering. Tutupnya. (R84)

Artikulli paraprakKeterbukaan Informasi Sumut Terbaik Kelima Nasional
Artikulli tjetërBPBD Aceh Singkil Catat Total Korban Lima Kecamatan Terdampak Banjir Mencapai 22.557 Jiwa