Sektor Perbankan dan Ekonomi di Sumut Terus Mengalami Perkembangan yang Positif

57
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v80), quality = 82

MEDAN ketikberita.com | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencatat bahwa sektor perbankan dan ekonomi di Sumatera Utara terus mengalami perkembangan yang positif.

Hal itu disampaikan Kepala OJK Provinsi Sumut, Khoirul Muttaqien (foto) dalam siaran persnya yang diterima awak media ini, Selasa (15/10/2024) siang.

“Pertumbuhan kredit bank umum yang didorong oleh peningkatan di sektor konsumtif, investasi, dan korporasi mencerminkan stabilitas sektor perbankan, ungkapnya.

Di sisi lain masih dikatakannya, perekonomian daerah didukung oleh peningkatan ekspor, investasi, serta konsumsi rumah tangga, meskipun tantangan global seperti ketidakpastian ekonomi masih mempengaruhi beberapa sektor.

Namun, kenaikan harga komoditas utama memberikan dorongan bagi ekspor dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

“Secara global, ketidakpastian ekonomi masih memengaruhi Sumatera Utara, terutama akibat konflik geopolitik dan lambatnya pemulihan ekonomi di Tiongkok, salah satu mitra dagang terbesar, “sebutnya.

Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur di Tiongkok berada di zona kontraksi pada 49,3, yang menahan kinerja ekspor Sumatera Utara. Namun, harga CPO yang meningkat hingga USD 1.050 per metrik ton mendorong ekspor komoditas ini dapat tumbuh 1,3% (yoy) setelah mengalami kontraksi pada triwulan sebelumnya.

Pada triwulan II 2024, ekonomi Sumatera Utara tumbuh sebesar 4,95% (yoy), meningkat dari 4,88% pada triwulan sebelumnya. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan ekspor, impor, dan investasi, yang turut didukung oleh kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara dan harga komoditas utama seperti Crude Palm Oil (CPO). Konsumsi rumah tangga, meski lebih moderat dengan pertumbuhan 5,40% (yoy), tetap menjadi pilar utama PDRB, menyumbang 51% dari total ekonomi. (red)

Artikulli paraprakDJP Sumut I Ingatkan Modus Penipuan Mengatasnamakan DJP, Masyarakat Diminta Waspada
Artikulli tjetërTampil Gaya Dengan Vario 160