Setelah 12 Tahun, Sumut Akhirnya Raih Emas Renang PON, Kabir Bedi : Kita Patut Bersyukur dan Bangga

51

MEDAN ketikberita.com | Perenang andalan Sumatera Utara (Sumut) Felix Viktor Iberle akhirnya berhasil membuat debut gemilang dengan meraih medali emas nomor 50 M gaya dada putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut di Kolam Renang Selayang Medan, Sabtu (14/9/2024) malam.

Felix Viktor Iberle meraih medali emas setelah mencatatkan waktu tercepat 27,63detik sekaligus memecahkan rekor PON sebelumnya dengan waktu 28,34 detik.

Dalam pertandingan final nomor 50 M gaya dada putra, atlet renang Jawa Barat Muhammad Dwiky Raharjo meraih medali perak dengan waktu 28,42 detik dan disusul Gagarin Nathaniel Yus dari DKI Jakarta yang mencatat waktu 28,61 detik.

“Kita patut bersyukur dan berbangga, karena setelah 12 tahun baru di PON XXI ini Sumatera Utara akhirnya berhasil mempersembahkan kembali medali emas melalui perenang Felix Viktor Iberle,” ujar Ketua Akuatik Indonesia Sumatera Utara Kabir Bedi saat diwawancarai usai upacara penyerahan medali nomor 50 M gaya dada putra.

Prestasi yang ditorehkan Felix yang baru pertama kali tampil di PON, lanjut mantan Dirut Perumda Tirtanadi itu, diyakini bisa menjadi pemicu semangat para atlet renang Sumut lain untuk meraih prestasi terbaik di PON berikutnya dan event renang berskala nasional maupun internasional.

Pada kesempatan itu, Kabir Bedi juga atas nama pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada berbagai pihak yang selama ini ikut memberikan perhatian bagi kemajuan cabang olahraga akuatik Sumut.

Cabang olahraga akuatik disiplin renang memperebutkan sebanyak 38 medali emas dan akan berlangsung hngga Kamis (19/9).

Setiap harinya, perlombaan renang akan dimulai dengan babak penyisihan mulai pukul 09.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan final pada pukul 17:00 WIB.

Hari pertama dibuka dengan nomor-nomor seperti 400 meter gaya bebas putri dan putra, serta 50 meter gaya dada untuk kedua kategori. Tidak hanya itu, nomor estafet 4×200 meter gaya bebas putri akan menjadi penutup hari pertama.

Pada hari kedua, Minggu (15/9), perenang akan berkompetisi di nomor 400 meter gaya ganti perorangan, serta 50 meter gaya kupu-kupu. Sementara itu, putri akan berlaga di nomor 800 meter gaya bebas, dan putra akan memperebutkan gelar di estafet 4×200 meter gaya bebas.

Satu hari setelahnya, nomor 100 meter gaya kupu-kupu dan 50 meter gaya punggung akan digelar, baik untuk putra maupun putri. Selain itu, estafet 4×100 meter gaya bebas putri akan menjadi ajang yang ditunggu-tunggu pada sore hari.

Pertandingan diprediksi bertambah seru pada Selasa (17/9) karena banyak atlet renang nasional yang juga bakal tampil di nomor 200 meter gaya bebas serta 100 meter gaya dada.

Pada hari yang sama juga akan dipertandingkan nomor 200 meter gaya ganti perorangan dan estafet 4×100 meter gaya bebas putra.

Hari kelima akan menyajikan nomor 100 meter gaya bebas dan gaya punggung untuk kedua kategori, serta 1500 meter gaya bebas putra yang menjadi salah satu nomor terpanjang di cabang renang. Estafet 4×100 meter gaya ganti putri juga akan menjadi penutup yang menarik.

Hari terakhir, Kamis (19/9) akan menghadirkan pertandingan 50 meter gaya bebas dan 200 meter gaya kupu-kupu. Puncak acara renang akan ditutup dengan nomor estafet 4×100 meter gaya ganti putra. (red)

Artikulli paraprakWali Kota Monitoring dan Salurkan BLT di Desa Fadoro Lasara
Artikulli tjetërKPU Sumut Serahkan Hasil Penelitian Syarat Administrasi Cagub dan Cawagub