MAN Batam Raih Juara 1 Kompetisi AHM Best Student 2024

51
Foto : Usai melaksnakan kompetisi peserta diabdikan bersama bagi yang prstasi sebagai juara Best Student.( foto : PT Capella Dinamik Nusantara – KEPRI- Batam.- R/ Wati.S)

BATAM ketikberita.com | PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT Capella Dinamik Nusantara selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Kepulauan Riau menantang generasi muda kreatif dan inovatif dalam membangun bangsa melalui Astra Honda Motor Best Students (AHM Best Student) 2024 dengan tema “Muda Berkarya Majukan Bangsa”.

AHM Best Student merupakan program yang sudah berjalan lebih dari dua dekade dan menjadi ajang pencarian bakat bagi generasi muda yang bersemangat untuk memberikan kontribusi nyata bagi berbagai bidang.

Dari program ini, lahir puluhan karya terbaik yang berfokus pada pengembangan lingkungan, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan.

Pada tahun 2024, para peserta ditantang untuk menciptakan dan mengimplementasikan ide atau karya inovatif yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Tony Anggadha selaku Customer Care & Public Relations Manger CDN Kepri PT Capella Dinamik Nusantara mengatakan, Melalui program AHM Best Student, kami terus mendukung semangat Sinergi bagi Negeri dengan memberikan wadah bagi generasi muda untuk berkarya dan berinovasi.

Program ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang menciptakan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan bangsa.

Kami bangga melihat bagaimana para siswa dapat menciptakan solusi yang tidak hanya relevan dengan tantangan saat ini, tetapi juga sejalan dengan tujuan besar Sustainable Development Goals (SDGs).

“Program pencarian siswa/i berprestasi dalam ide maupun inovasi yang telah diselenggarakan sejak 22 tahun lalu ini, guna melahirkan generasi muda unggul dan peduli terhadap kemajuan bangsa Indonesia melalui beragam inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.” Ungkap Tony.Anggada.

Pada kali ini program AHM Best Student ini telah berhasil mendapatkan sebanyak 123 peserta dari berbagai daerah, hingga terpilih 10 finalis terbaik yang akan melanjutkan perjuangan di tahap seleksi ke tingkat regional.

Tidak hanya melibatkan peserta yang unggul dalam akademik, AHM Best Student juga membuka kesempatan bagi siswa/i multitalenta yang aktif dalam bidang sosial, keagamaan, budaya, dan olahraga.

Melalui kompetisi ini, para peserta didorong untuk menghasilkan karya yang relevan dengan 17 indikator SDG’s.

Seluruh proses seleksi dilakukan secara ketat, menilai baik dari sisi ide inovatif hingga kemampuan implementasi.

Setelah melewati serangkaian seleksi yang menantang, terpilihlah tiga pemenang dengan karya yang memukau.

Pemenang pertama diraih oleh Aufa Washfa Hilmiya dari MAN Batam dengan karya berjudul “Optimalisasi Caglau as Kepri’s Marine Resources: Pemanfaatan Cangkang Gonggong & Rumput Laut Sebagai Hydrogel Dressing Perawatan Ulkus Diabetik”.

Aufa berhasil memanfaatkan potensi laut Kepulauan Riau dalam menciptakan solusi medis inovatif yang ramah lingkungan.

Posisi kedua ditempati oleh Nur Lilasari dari SMAN 1 Katang Bidare dengan karyanya berjudul “DR Nano Enas: Deteksi Merkuri Menggunakan Ekstrak Buah Nanas pada Kosmetik”.

Ide ini berfokus pada pencegahan penggunaan merkuri berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bahan alami yang aman dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Andini Sriwulandari dari SMAN 7 Tanjungpinang meraih posisi ketiga dengan karyanya yang berjudul “Pengembangan Alat BAST (Blind Audio Sensor Technology) Terhadap Tunanetra”, sebuah teknologi inovatif yang bertujuan membantu sahabat tunanetra dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Finalis terbaik ini akan melanjutkan perjalanan mereka di tingkat Nasional, yang akan berlangsung pada Oktober 2024.

Mereka akan bersaing dengan puluhan pelajar dari seluruh Indonesia dan berjuang dalam sesi presentasi serta tanya jawab di hadapan para juri.

Ajang ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi peserta untuk unjuk karya, tetapi juga menjadi panggung untuk memperkuat semangat inovasi di kalangan generasi muda.

“Melalui AHM Best Student, Kami berharap dapat terus menginspirasi generasi muda untuk berkarya, berinovasi, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa, sejalan dengan visi besar SDGs untuk yang lebih baik”. Tutup Tony Anggada. (Wati.Siagian/Ka.Biro Batam)

Artikulli paraprakAntisipasi Gangguan Kamtib, 26 Orang WBP Lapas Tebing Tinggi Kanwil Kemenkumham Sumut Jalani Tes Urine
Artikulli tjetërPerpres Ditandatangani, KPPU Percepat Transformasi Kelembagaanya