55 Pengawas TPS di Kecamatan Sosa Resmi Di Lantik

173

PADANG LAWAS (Sumut) ketikberita.com | Sebanyak 55 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kecamatan Sosa resmi telah dilantik dan diambil sumpahnya.
Acara pelantikan yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Sosa ini menandai langkah awal para pengawas TPS untuk memastikan kelancaran pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2024, di Kecamatan Sosa.

Ketua Panwascam Sosa, Ali Murdani Nasution, mengatakan dalam arahannya acara pelantikan ini merupakan suatu upaya untuk memperkuat solidaritas, semangat kerja, integritas, dan profesionalisme para pengawas TPS dalam menjalankan tugasnya.

“Hari ini, seluruh pengawas TPS Kecamatan Sosa yang telah dilantik berjumlah 55 orang setelah itu mereka akan kami berikan pembekalan seperti Bimtek dengan harapan untuk kedepannya bisa memperkuat solidaritas, semangat kerja, integritas, dan profesionalisme para pengawas TPS di Kecamatan Sosa.

Menurut ketua Panwascam Sosa Ali Murdani Nasution Pengawas TPS adalah petugas yang dibentuk oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan untuk membantu Panwaslu Kelurahan/Desa. Dimana anggota Pengawas TPS ini dipilih melalui seleksi yang dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan di sosa secara ketat sesuai tahapan yang ditentukan.

Beliau pun sempat mengingatkan bahwa Pengawas TPS memiliki tanggung jawab yang teramat kompleks, termasuk keputusan apakah perlu dilakukan penghitungan suara ulang atau tidak.

“Bapak dan ibu Pengawas TPS memiliki kewenangan untuk menentukan kualitas pemungutan suara di TPS, apakah perlu dilakukan pemungutan suara ulang atau tidak, tentunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan prosedur yang berlaku,”

“Selama bapak dan ibu anggota Pengawas TPS menjalankan tugas sesuai norma aturan yang berlaku, maka tidak boleh ada siapapun yang bisa mengganggu kinerja kalian. Karena itu, Panwaslu Kecamatan Sosa akan hadir menjadi perisai untuk bapak dan ibu semua,” ucap Ali Murdani Nasution dalam arahannya di sesi pelantikan.

Turut hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut Korsek Panwascam Sosa Syahruddin Pasaribu Spd,Komisioner Kordiv PP Panwascam Sosa Muhammad derajat daulay, Bendahara Panwascam Sosa Meliana Hapsah beserta seluruh staff dan tamu undangan lainnya. (Rh)