45 Unit Mobil Dinas Disiapkan untuk Meningkatkan kinerja Pemkab Palas

337

PADANG LAWAS (Sumut) ketikberita.com | Dalam hal untuk peningkatan mobilitas dan kinerja para pimpinan beserta staff di jajaran perkantoran wilayah kerja Pemerintahan Kabupaten ( Pemkab) Padang Lawas (Palas) telah disiapkan sebanyak 45 macam unit mobil dinas.

Mobil dinas tersebut menurut informasi yang dihimpun awak media dibayar dengan sistem sewa, sistem sewa mobil dinas ini telah menjadi salah satu solusi dari Pemkab Palas untuk terhindar dari biaya perawatan mobil dinas selama ini yang pertahun nya menghabiskan anggaran sebesar 5M.

Sementara Ikhsan Helmi Harahap selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam hal pengadaan mobil sewa untuk kendaraan dinas organisasi mengemukakan bahwa 45 mobil dinas yang disewa oleh Pemkab Palas bertujuan untuk menunjang kinerja dan sinergitas Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas.

Anggaran yang telah dikucurkan sebesar 5,8 M untuk sewa kendaraan dinas baru operasional sebanyak 45 unit dengan rincian kendaraan sebagai berikut jenis Toyota Inova sebanyak 23 unit ,Toyota Rush sebanyak 14 unit ,Toyota Hilux sebanyak 7 unit dan Fortuner sebanyak 1 unit.

Yang mana di setiap unit mobil dinas inova disewa dengan ketentuan harga sebesar12 Juta perbulan lalu Toyota Rush dengan harga sewanya sebesar 7 Juta perbulan sedangkan Toyota Hilux dengan harga sewa 14 Juta perbulan dan mobil dinas Fortuner dengan harga 18 Juta perbulan harga ini sebelum dipotong PPn dan PPh.

Dalam pengadaan sewa mobil dinas melalui sistem lelang yang telah dimenangkan oleh CV. Indonesia perkasa medan, dikutip dari perkataan Ikhsan Helmi Harahap selaku PPK Pengadaan mobil sewa untuk kendaraan dinas organisasi.

Terkait dengan sewa kendaraan mobil dinas yang sedang jadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat Kabupaten Palas Hj. Yenny Nurlina Siregar yang akrab disapa Ibu Nina selaku kepala BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Palas saat dikonfirmasi media di ruang kerjanya mengatakan, “pengadaan sewa mobil dinas ini berpedoman pada PP No 27 tahun 2014 tentang pengelolaan aset negara,sekaligus menghemat biaya perawatan mobil dinas.

Bukan hanya itu sistem sewa ini sangat bermanfaat bagi Pemkab Padang Lawas pasalnya selama ini untuk biaya perawatan mobil dinas bisa menghabiskan anggaran sebesar 5M oleh karena itu dengan adanya sewa mobil dinas ini biaya perawatan mobil dinas bisa diminimaliskan karena segala biaya perawatan dari kerusakan yang kecil sampai yang besar sudah di tanggung sepenuhnya oleh perusahaan tersebut sedangkan mobil dinas yang lama akan dilakukan sistem lelang sehingga beban Pemkab Palas akan semakin ringan di bidang perawatan kendaraan dinas”, ungkap bu Nina.

Lanjut Nina, “bukan hanya itu manfaatnya dengan pengadaan sewa mobil dinas diharapkan bisa menunjang kelancaran segala tugas- tugas kedinasan dalam hal untuk meningkatkan kualitas pada hasil kerja serta menunjang program kerja Pemerintahan Kabupaten Palas sesuai dengan visi dan misinya Beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya yang lebih dikenal dengan slogan (Bercahaya) dan juga tidak kalah pentingnya ialah dalam hal untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Palas sehingga sudah sewajarnya pula sarana dan prasarana untuk pemenuhan kebutuhan pelayanan tersebut ditingkatkan, ungkap Nina.

“Memang hampir setiap kali pengusulan anggaran dalam hal pengadaan kendaraan dinas baru selalu jadi salah satu pembahasan hangat di kalangan masyarakat. Tetapi bukan hanya jumlah anggarannya cukup besar tapi manfaatnya juga cukup banyak bagi Pemkab Palas, oleh karena itu pada kesempatan ini saya selaku kepala BPKAD Kabupaten Palas menghimbau kepada seluruh rekan-rekan jajaran Aparatur Sipil Negara di lingkungan kerja Pemkab Palas agar kendaraan dinas yang telah hadir dapat dipergunakan dengan sebenar-benarnya hanya untuk keperluan dinas serta tugas-tugas dalam hal pelayanan masyarakat, bertanggung jawab serta memelihara kendaraan dinas sepenuhnya”, ungkap Hj. Yenny Nurlina Siregar Kepala BPKAD Kabupaten Palas kepada media di ruang kerjanya. (R)