Walikota Medan : Kembangkan Budaya Hidup Sehat Dengan CFD

0
62

MEDAN ketikberita.com | Sosialisasi terus menerus yang dilakukan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi untuk mengajak masyarakat beramai-ramai memenuhi Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi mengikuti Car Free Day (CFD) tidak sia-sia. Terbukti, Minggu (26/8), jumlah warga yang datang cukup banyak. Mereka mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang digelar, termasuk senam jantung sehat.

CFD merupakan program yang dilakukan dalam upaya mengembangkan budaya hidup sehat di tengah masyarakat. Selain ajakan kepada warga untuk membersihkan udara dari polusi asap kenderaan bermotor, CFD juga diisi dengan berolahraga bersama seperti senam aerobik, bersepeda, jogging, jalan santai, sepatu roda serta kegiatan olahraga lainnya.

Guna memberikan space yang luas bagi warga mengikuti CFD, sejumlah ruas jalan di seputaran Lapangan Merdeka pun ditutup. Dengan demikian warga tidak hanya berolahraga di Lapangan Merdeka, juga di sejumlah ruas jalan yang ditutup tersebut. Di samping itu pihak Satlantas Polrestabes Medan juga menyediakan praktik mengemudi baik kenderaan roda dua maupun empat sebagai persyaratan mendapatkan SIM.

“Berbagai manfaat kita dapatkan dari CFD. Selain hidup sehat, kita juga dapat saling bersilaturrahmi. Kemudian bagi warga yang datang membawa anggota keluarga, kita juga telah menyediakan fasilita sbermain bagi anak-anak di Lapangan Merdeka. Jadi mari kita luangkan waktu sejenak berolahraga bersama di Lapangan Merdeka untuk menghilangkan aktifitas rutin sehari-hari,” kata Wali Kota diwakili Kadispora Kota Medan Mara Husin Lubis.

Meski demikian kata Mara Husin, masyarakat yang mengikuti CFD harus menjaga kebersihan. Jika pun usai berolahraga dilanjutkan dengan makan dan minum namun diingatkan agar pembungkusnya tidak dibuang sembarangan di seputaran Lapangan Merdeka. Sebab, Dinas Kebersihan dan Pertamanan telah menyediakan sejumlah tempat sampah di tempat tersebut.

“Mari kita senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sekecil apapun sembarangan. Ingat, kebersihan lingkungan juga mempengaruhi kualitas hidup sehat. Kebersihan lingkungan bisa terwujud dimulai dari diri kita sendiri,” ungkapnya.

Guna memeriahkan CFD, Mara Husin mempersilahkan bagi stakeholder yang ingin membuat kegiatan olahraga di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi. Tentunya kehadiran stakeholder semakin mearik perhatian warga untuk mengikuti CFD. “Dengan semakin banyak masyarakat berolahraga tentunya ini berdampak dengan derajat kesehatan masyarakat,” paparnya.

Antusiasme masyarakat mengikuti CFD cukup tinggi, sekitar pukul 06.00 WIB, masyarakat dari berbagai penjuru telah berkumpul di Lapangan Merdeka. Selain mengikuti senam jantung sehat kerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut, warga juga menggunakan momen CFD untuk mengikuti olahraga lainnya seperti senam aerobik, jogging, jalan santai maupun menggunakan peralatan olahraga yang di sediakan di tempat tersebut. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here