Wali Kota Minta Dukungan dan Bantuan Singapura Majukan Pariwisata

0
32

MEDAN ketikberita.com | Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi minta dukungan serta bantuan Singapura untuk memajukan pariwisata di Kota Medan. Sebab, jumlah wisatawan yang mengunjungi negara berjuluk Negeri Singa itu cukup tinggi, setiap tahunnya sekitar 11 juta wisatawan berkunjung untuk menikmati destinasi wisata yang dimiliki oleh negara pulau di lepas ujung Semenanjung Malaya tersebut.

Permintaan ini disampaikan Wali Kota ketika menerima kunjungan Dr Mohammad Maliki selaku Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan dan Wali Kota Singapura di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (14/8).

Diungkapkan Wali Kota, salah satu penyebab rendahnya tingkat kunjungan wisatawan, terutama mancanegara akibatkurangnya informasi mengenai Kota Medan. Kondisi itulah yang menyebabkan wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi ibukota Provinsi Sumatera Utara hanya sekitar 250.000 orang pertahunnya.

Selama ini papar Wali Kota didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdakot Medan Qamarul Fatah, Kadis Kebudayaan Suherman dan Kabag Hubungan Kerjasama M Rivai Nasution, wisatawan tahu tempat wisata yang ada di Indonesia hanya Bali dan sejumlah tempat di Pulau Jawa. “Padahal Kota Medan memiliki sejumlah destinasi yang sangat menarik,” kata Wali Kota.

Di samping itu ungkapnya lagi, informasi mengenai wisatawan yang diterima para wisatawan hanya sampai di Singapuran dan Malaysia saja. “Informasi tentang wisata di Kota Medan kurang diterima mpara turis. Untuk itulah saya berharap dapat dibuat paket kerjasama wisata dengan Singapura. Dengan demikian para wisatawan yang berkunjung ke Singapura juga dapat mengunjungi Kota Medan,” ungkapnya.

Harapan Wali Kota langsung diamini Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan dan Wali Kota Singapura tersebut. Dikatakan Maliki, pihaknya siap menindaklanjuti keinginan Wali Kota. Salah satu tawaran yang diajukan yakni kerja sama industri kapal layar dengan membuka rute pelayaran Singapura, Batam dan Kota Medan.

“Dengan dibukanya kerjasama industri pelayaran ini, saya kira wisatawan mencanegara yang selama ini mengunjungi Singapura akan tertarik mengunjungi Kota Medan. Kita siap merealisasikan kerjasama ini,” jelas Maliki.

Didampingi Konjen Singapura untuk Kota Medan Richard Grosse beserta sejumlah staf, Maliki memaparkan, setiap tahunnya ada sekitar 60 juta wisatawan yang mendarat di Bandara Udara Internasional Changi Singapura. Dari jumlah tersebut, sekitar 11 juta yang mengunjungi negara dengan luas wilayah sekitar 719,9 km2.

Selain pariwisata, Maliki juga melihat banyak potensi yang ada di Sumut, terutama Kota Medan yang bisa dikelola bersama sehingga mendatangkan keuntungan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Oleh karenanya Maliki berharap agar hubungan kerjasama dengan Kota Medan dapat ditingkatkan lagi, sehingga para investor dari negaranya dapat berinvestasi di kota yang berjuluk Tanah Deli tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota di tempat yang sama menerima kunjungan Pengurus Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid (Yasmar) Tengku Mahmud Al Rasyid sebagai Ketua Harian yang hadir bersama pengurus Asosiasi Perusahaan Pelaksana dan Penyelenggara Acara (Appara). Kedatangan mereka untuk melaporkan rencana digelarnya acara bertajuk Semarak 130 Tahun Istana Maimun pada 24-26 Agustus mendatang.

Adapaun tujuan digelarnya acara tersebut, selain untuk menarik perhatian wisatawan lokal, nasional dan internasional, juga menambah pengetahuan dan wawasan kebudayaan serta warisan sejarah Melayu yang melekat di Istana Maimun tersebut. Sejumlah kegiatan seperti pagelaran Kebudayaan Melayu, Kirab Kebudayaan Melayu, fun walk, bazar kuuliner dan berbagai perlombaan dipersiapkan guna memeriahkan acara Semarak 130 Tahun Istana Maimun tersebut.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mendukung dan mengapresiasi digelarnya Semarak 130 Tahun Istana Maimun tersebut. Dikatakannya, Istana Maimun merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang sampai sekarang masih berdiri kokoh sekaligus membuktikan bahwa Kota Medan merupakan Tanah Melayu.

Terkait dengan digelarnya Perayaan Ulang tahun ke 130 tahun Istana Maimun, Wali Kota menilainya sangat bagus dan positif. Selain sebagai ungkapan rasa syukur, juga dalam upaya menjaga kelestarian kebudayaan Melayu serta dapat bermanfaat bagi generasi muda akan sejarah berdirinya Istana Maimun.

“Pemko Medan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Semarak 130 Istana Maimun. Melalui event ini, mari kita lestarikan Kebudayaan Melayu di Kota Medan. Di samping itu kita dapat memberi pelajaran kepada generasi muda akan kebudayaan dengan menjaga dan melestarikan Istana Maimun,” pungkas Wali Kota.(er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here