Teknik PWK ITM Hasilkan Tenaga Perencana Kreatif

0
62

MEDAN ketikberita.com | Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Medan (PWK-ITM) merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP dengan ilmu terapan bersifat multi disiplin untuk persiapkan agar mahasiswa menjadi tenaga perencana (planner).

Rektor ITM Dr Mahrizal Masri MT mengatakan, kajian ilmu yang berkaitan dengan pengembangan kota sebagai lingkungan binaan ini, merupakan bidang kajian yang ditawarkan.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, Teknik PWK adalah ilmu tata ruang wilayah dan kota. Berbeda dengan arsitektur, PWK tidak merancang detail bangunan per bangunan, tapi langsung merencanakan suatu kota atau wilayah (berbicara mengenai letak atau lokasi).

Bagi ITM tambahnya, jurusan teknik ini me­nyelenggarakan pendidikan tinggi S1 dengan spesialisasi pada bidang manajemen wilayah dan kota.

“Kurikulum yang dirancang disesuaikan dengan kebutuhan bidang pengembangan wilayah dan kota, sehingga siap diaplikasikan di dunia pekerjaan baik di pemerintahan maupun swasta,” kata Mahrizal di kampus Jalan Gedung Arca Medan, Senin (3/9) .

Menurutnya keterampilan melakukan perencanaan dilatih secara intensif dengan materi kajian yang dipersiapkan tim yang didukung staf pengajar berpengalaman praktik dan penelitian yang memadai. Sehingga proses pertukaran pengetahuan antara dosen dan mahasiswa dapat dilakukan lebih efektif.

Proses pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran partisipatif yang kondusif. Materi perkuliahan dievaluasi secara rutin agar ‘up to date’ mengikuti perkembangan isu manajemen wilayah dan kota. Bahkan, proses pembelajaran didukung staf pengajar yang kompeten di bidang keahlian tertentu, maupun dalam hal metode pembelajaran.

Rektor menambahkan, karena jurusan teknik PWK ini ilmunya adalah ilmu pembangunan, maka alumni jurusan ini sangat cocok bekerja di pemerintahan dan organisasi internasional.
Disebutknya, minimnya jumlah lulusannya membuat alumni jurusan ini sangat tidak kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi bila didukung berbahasa Inggris dengan baik, organisasi internasional sangat membutuhkannya.

Seorang alumni PWK mempunyai prospek kerja yang luas karena cakupan ilmunya yang luas, beberapa di antaranya, kuliah di jurusan PWK tidak harus pintar menggambar yang penting punya daya imajinasi tinggi, serta daya analisis kuat dan kreatif terhadap suatu isu dan masalah suatu kota atau wilayah.

Mengenai kompetensi lulusan bagi mahasiswa teknik PWK ini mampu menyusun rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan kota, mampu menyusun rencana sektor ekonomi dan percepatan pembangunan, mampu menyusun rencana tata letak (site plan) kawasan kegiatan tertentu baik untuk industri, pusat kota dan pariwisata dan mampu menyusun rencana sistem transportasi kota dan wilayah.

Kajian yang dilakukan antara lain, lingkungan, sistem transportasi, perumahan dan permukiman, serta ilmu komunikasi. Disamping itu, ketika sudah mempelajari ilmu PWK, lulusan prodi ini mempunyai wawasan yang luas, dan memiliki sudut pandang terhadap suatu masalah kota dan wilayah dari segala sisi.(er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here