Perhatikan Nasib Lansia, Edy Rahmayadi Serahkan Bantuan Bedah Rumah

0
74

MEDAN ketikberita.com | Membuat para orang tua lanjut usia (Lansia) hidup layak dan sejahtera adalah salah satu program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk mewujudkan Sumut yang bermartabat. Antara lain melalui bantuan bedah rumah dan berbagai program bantuan lainnya.

Bantuan bedah rumah untuk 22 rumah tidak layak huni diserahkan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi secara simbolis kepada perwakilan Lansia, di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (12/8). Acara tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2019, yang mengusung tema Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat.

Di acara yang dihadiri ratusan Lansia itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan kursi roda, bantuan stimulan kepada usaha ekonomi produktif Lansia, serta bantuan pembangunan sarana air minum dan sanitasi.

Pada acara itu, Gubernur yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, sengaja tidak membacakan pidato, karena ingin lebih banyak mendengar keluhan dan kebutuhan para Lansia.

“Saya tak mau membaca sambutan, saya hanya mau bertanya satu pertanyaan saja, apa yang bisa saya perbuat untuk para orang tua saya ini?,” ucap Edy Rahmayadi.

Walau pun hingga saat ini, kata Edy Rahmayadi, Pemprov Sumut belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan para Lansia. “Kami mohon maaf sebelumnya, belum bisa berbuat banyak untuk ayah-bunda, doakan saya agar bisa membuat tempat berkumpul dan bersilahturahmi untuk para orang tua kami, jangan ada kata menyerah karena usia adalah anugerah,” ungkap Edy.

Guna menghangatkan suasana, Gubernur pun membawakan dua tembang lagu, yakni ‘Setulus Hatimu Semurni Cintamu’ milik Arie Koesmiran dan lagu ‘Tuhan’ kepunyaan Bimbo. Lirik lagu yang sederhana dan menyentuh hati, membuat beberapa lansia berkaca-kaca matanya, Gubernur pun ikut tersentuh dan meneteskan air mata.

“Bunda menangis, saya pun jadi ikut menangis, ini air mata bahagia, kami mohon maaf pada orang tua kami, kami berjanji pelan-pelan akan kita perbaiki Sumut ini, dulu kita merdeka lewat jasa para orang tua yang ada di depan kita ini,” ujarnya.

Mukhlis Lubis mewakili para Lansia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Pemprov Sumut. “Kegiatan pagi ini, suatu bentuk perhatian dari pemerintah kepada kami para lanjut usia, untuk itu saya ucapkan terima kasih, semoga apa yang diberikan mendapat balasan dari Allah SWT, karena kewajiban kita adalah mengasihi antar sesama,” ucap Mukhlis.

Salah seorang penerima bantuan, Masrah Lubis (71), warga Jalan Garu 6, Medan Amplas, juga merasa kagum dengan apa yang dilakukan Gubernur Edy Rahmayadi. “Sampai usia saya ini, baru zaman Pak Edy lah ada diberikan bantuan untuk kami yang Lansia ini,” ucap Masrah.(er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here