Pemprov Sumut Buka Seleksi Terbuka Eselon II Secara Nasional

0
43

MEDAN ketikberita.com | Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) membuka seleksi terbuka untuk 16 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama (eselon II) di lingkungan Pemprov Sumut. Pendaftaran seleski secara nasional dibuka mulai 21 – 29 Mei 2019 dan 10 – 17 Juni 2019.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumut Khair Harahap bersama Plt Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Mhd Fitriyus dalam konferensi pers tentang Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Sumut, Selasa (21/5), di Ruang Pers, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

“Seleksi terbuka ini dapat diikuti oleh seluruh aparatur sipil negara (ASN) secara nasional yang memenuhi persyaratan yang ditentukan,” ujar Khair Harahap.

Disebutkannya, 16 jabatan eselon II yang akan diisi melalui seleksi terbuka ini adalah Inspektur, Asisten Pemerintahan, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah.

Selanjutnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Direktur Rumah Sakit Jiwa Prof dr Muhammad Ildrem, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah, dan Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah.

Menurut Khair, ada beberapa perbedaan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama tahun ini dengan tahun sebelumnya. Salah satunya, pada tahun ini seleksi dibuka secara nasional. “Diikuti oleh ASN seluruh Indonesia, boleh dari Kementrian, tahun lalu seleksi hanya diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumut dan seluruh ASN di lingkungan Pemprov Sumut,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tahun ini syarat untuk mengikuti seleksi adalah ASN dengan pangkat/golongan/ruang Pembina Tingat I (IV/b) untuk pelamar Eselon II.a dan paling rendah menduduki pangkat/golongan/ruang Pembina (IV/a) untuk pelamar Eselon II.b. Selain itu pejabat yang sedang atau pernah menduduki JPT Pratama (eselon II) atau sedang/pernah menduduki Jabatan Administrator (eselon III) bisa mengikuti seleksi tersebut.

“Untuk tahun ini teman-teman yang tidak duduk dan pernah eselon III boleh duduk, paling singkat 2 tahun untuk Eselon III.a dan 3 tahun untuk eselon III.b. Serta berusia paling tinggi 56 tahun pada saat pelantikan,” papar Khair.

Pendaftaran dibuka 2 tahap, pertama tanggal 21 – 29 Mei 2019 dan tahap berikutnya tanggal 10 – 17 Juni 2019. “Karena kita cuti Lebaran, di interval libur pendaftaran kita tiadakan dan akan kita buka lagi pada tanggal 10 Juni,” ujarnya.

Seleksi tahap pertama (administrasi) dilakukan 18-21 Juni 2019. Hasil seleksi akan diumumkan 22 Juni 2019. Seleksi tahap kedua (penulisan makalah) pada 25 Juni 2019 dan diumumkan 3 Juli 2019. Seleksi tahap ketiga yakni assesmen test diadakan 8 – 9 Juli 2019.

“Dan wawancara mulai tanggal 15 Juli hingga selesai,” kata Khair, sembari menyampaikan, 16 jabatan eselon II tersebut kosong lantaran pada waktu lalu ada pejabat yang dimutasi atau sudah memasuki usia pensiun.

Tim panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Sumut, menurut Khair, berisi 5 orang. Yakni Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Dr Ir R Sabrina sebagai Ketua Panitia Seleksi, Sekretaris Penguji dan Pewawancara Ir Sri Ibnu Utomo. Serta Anggota yang seluruhnya akademisi Universitas Sumatera Utara (USU) yakni Dr Edy Ikhsan SH MA, Prof Subilhan, dan Prof Irmawati. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here