Pemko Medan Semakin Serius Mengembangkan Sektor Pariwisata

0
19

MEDAN ketikberita.com | Pemko Medan memiliki target untuk mewujudkan Medan sebagai destinasi Wisata Kota yang menjadi Trend menarik di masa depan berdasarkan alasan yang rasional. Apalagi Kota Medan berada di wilayah barat Indonesia yang cukup strategis sebagai pintu masuk bagi wisatawan mancanegara.

Hal ini dikarenakan Pemko Medan sepenuhnya sadar bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu pilar pembangunan semakin menunjukkan posisi dan peran yang sangat penting sejalan dengan perkembangan dan kontribusi yang diberikan baik dalam penerimaan pendapatan daerah, pengembangan wilayah, Penyerapan investasi dan tenaga kerja.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H diwakili Asisten Ekbang, Khairul Syahnan ketika membuka Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pariwisata di Rahmat Galery Hall, Jalan S.Parman, Rabu (6/2). Pertemuan yang digelar Dinas Pariwisata Kota Medan ini menghadirkan seluruh Stakeholder yang berkaitan langsung dengan Pariwisata.

Lebih lanjut, Khairul Syahnan mengatakan, Kota Medan merupakan kota yang semakin meningkat perkembangan industri pariwisatnya. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya dibangun perhotelan berbagai kelas, kuliner dan berbagai saran hiburan lainnya yang juga meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Di tahun 2019 Pemerintah Kota semakin berbenah untuk dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Medan. Untuk itu melalui Rapat Forum OPD Pariwisata ini akan menghasilkan sumbangsih pemikiran untuk bagaimana cara agar dapat meningkatkan pariwisata di Kota Medan”, jelas Syahnan.

Dijelaskan Syahnan, terdapat empat unsur yang harus diintegrasikan yakni daya tarik wisata, infrastruktur, dan fasilitas pendukung serta aksesbilitas seperti transportasi publik yang baik.

”Untuk itu mari kita mempersiapkan diri menghadapi kondisi ke depan yang akan kita hadapi. Artinya bagaimana kita meningkatkan kualitas pelayanan, kualitas SDM maupun penghargaan kepada wisatawan, sehingga perkembangan pengelolaan pariwisata di Medan akan terus meningkat. Terlebih kunjungan wisatawan tahun 2018 ke Kota Medan memang meningkat sangat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini harus kita jaga dan lebih ditumbuhkembangkan lagi,” ujarnya.

Sementara, Kadis Pariwisata, Agus Suriono dalam kesempatan tersebut mengungkapkan pertemuan Forum OPD Pariwisata ini digelar bertujuan untuk mendapatkan masukan dan gagasan dari para pemangku kepentingan khususnya di bidang Pariwisata untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan pariwisata di Kota Medan.

“Hasil dari pertemuan ini akan kita bawa sebagai bahan masukan di Musrenbang Kota Medan tahun 2019, sehingga seluruh program akan dilaksanakan pada tahun 2020. Artinya masukan dari para pemangku kepentingan di bidang Pariwisata untuk meningkatkan Pariwisata akan direalisasikan pada tahun 2020 “, jelas Agus. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here