PAD Deli Serdang Berkurang Akibat Bangunan Liar di Hamparan Perak

0
15

HAMPARAN PERAK ketikberita.com | Menjamurnya perumahan serta bangunan Ruko liar di kawasan desa di Kecamatan Hamparan Perak terakhir mengurangi PAD (Pendatan Asli Daerah) Kabupaten Deli Serdang, Rabu (10/10/2018).

“Kita sangat menyayangkan pihak Trantib di Kecamatan Hamparan Perak yang seakan tak mau tau dengan pendapatan asli daerahnya. Padahal mereka adalah sebagai ujung tombak terdepan dari Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang untuk mengawasi seluruh bangunan di Hamparan Perak,” kata Ketua LSM Berani, Abdul Rahman kepada wartawan.

Menurut Rahman, sebenarnya persoalan pengawasan terhadap bangunan adalah mudah sekali. Kalau memang pihak Trantib betul-betul menerapkan tupoksi kerjanya. Namun saja, praktik dilapangan berbeda dan dianggap telah menyalahi aturan. Bahkan terkadang ada oknum aparatur yang nakal lalu mengambil kesempatan.

“Kalau memang pihak Trantib menjalankan fungsi kerjanya semuanya pasti tak bermasalah. Dan yang paling urgent adalah oknum yang terkadang selalu bermain dengan pihak pengembang. Sehingga pendapatan yang seharusnya masuk ke kas negara karena adanya permainan lantas masuk ke kantong oknum yang tak bertanggungjawab,” ungkap Rahman.

Sebenarnya bukan rahasia umum lagi, kata Rahman dengan nada agak keras, kalau permainan selalu ada antara pengembang dengan oknum aparatur sipil pemerintahan saat akan mendirikan bangunan. Namun saja bukti tersebut sangat sulit didapatkan.

“Kita meminta kepada Bupati Deli Serdang agar mencopot pejabat terkait yang secara sengaja mengabaikan pendapatan asli daerah khususnya dari retrebusi izin mendirikan bangunan. Bahkan saat ini kita juga mencurigai terhadap oknum kecamatan dan oknum di Kabupaten yang sama-sama bermain dan juga menjadi calo bangunan,” ungkap Rahman.

Terpisah, dari lokasi tempat dimana bangunan liar berdiri adalah : Perak Residen, Perumahan Taman Kamboja, Perumahan Swallow Indah Perak Residen. Tiga perumahan ini terletak di Desa Lama. Dan Perumahan Buana Yudha Residen 3 dibangun di Gang Teratai 7 Desa Tandem Hilir 1. Dusun 3 Desa Selemak yang disebut-sebut Kadesnya ada andil dalam pembangunan puluhan pintu Perumahan Alfat Berseri. Sementara Perumahan Griya Deli Asri di Dusun 4 Desa Tandem Hilir 2 yang berbatasan langsung dengan Desa Tandem Hilir 1.

Kasi Trantib Kecamatan Hamparan Perak Chairil Erwin Lubis ketika dikonfirmasi mengatakan, setiap bangunan telah mengambil rekomendasi dari pihak Kecamatan Hamparan Perak. Namun saja ketika ditanya wartawan terkait pengawasan terhadap bangunan, Erwin mengeluh dan mengatakan kalau pihak kecamatan tak mampu sepenuhnya untuk mengawasi bangunan.(to)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here