Ombudsman RI, Tetap Memantau Kasus Ancaman Kepada Wartawan Aceh Barat

47

BANDA ACEH ketikberita.com | Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh Dr Taqwaddin Husin mengatakan lembaga ini akan terus melakukan dan memantau kasus dugaan pengancaman pembunuhan terhadap wartawan MODUS ACEH di Kabupaten Aceh Barat, beberapa waktu yang lalu.

Kami kata beliau, memberi apresiasi terhadap keseriusan dan kecepatan aparat kepolisian Aceh Barat dalam merespons laporan dugaan kriminal, yang dilakukan oleh seorang pengusaha terhadap seorang warga negara yang berprofesi wartawan,” kata Taqwaddin Husin dalam keterangan pers yang diterima oleh Wartawan.

Pihak Ombudsman juga mendorong Polres Aceh Barat agar menindak lanjuti kasus ini agar terang dan jelas permasalahan pidananya.

Peraoalan ini sangat perlu dilakukan agar menjadi pembelajaran dan sekaligus menimbulkan efek jera bagi orang-orang atau Pengusaha lainnya yang selama ini merasa berkuasa dan menganggab superior.

Dikatannya lagi, Profesi wartawan adalah salah satu profesi “legal” yang dilindungi hukum dan undang-undang,” di Negara ini kata kepala Ombudsman menambahkan,keterangannya.

Maka oleh sebab itu, tidak boleh seorang pun atau siapapun yang memperlakukan “jurnalis” secara semena-mena, apalagi berkaitan dengan pemberitaan yang dibuatnya.

Sesuai aturan mainnya, jika ada berita yang dirasa kurang pas oleh pihak-pihak tertentu, atau ada orang yang merasa dirugikan,dapat menggunakan hak jawab atau menempuh cara yang syah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999, tentang Pers, dan bukan dengan cara-cara premanisme atau melanggar hukum,” kata beliau tegas.

Dalam kasus yang lain di Aceh Tenggara Ombudsman RI Perwakilan Aceh juga mendorong pihak kepolisian di Kabupaten Aceh Tenggara, untuk segera menuntaskan penyelidikan dan penyidikan kasus pembakaran rumah seorang wartawan beberapa waktu lalu.

Terhadap kasus di atas,dan yang lain di Aceh kami akan menaruh perhatian dan melakukan monitoring,”tindak lanjutnya katanya mengakhiri konfirmasinya.(J,saran)