Mendagri : Manfaatkan Dana Desa Untuk Ciptakan Kesejahteraan Masyarakat Desa

0
56

MALANG ketikberita.com | Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo “berpesan” kepada seluruh kepala Desa di Indonesia,saat menghadiri sarasehan Kepala Desa di GOR Ken Arok, Malang, pada Rabu, (1/8/2018) agar memanfaatkan Dana Desa untuk menciptakan kesejahteraan baru bagi masyarakat Desa.

“Arahan presiden fokus. Jangan buat 10 program prioritas. Dua saja, yang penting ada hasilnya dan dirasakan oleh masyarakat. Dengan kumpul ini antar kepala desa bisa saling komunikasi, apa hambatannya, apa kendalanya,” kata Tjahjo.

Tjahjo mengatakan Kades dalam penganggaran dan perencanaan kegiatan harus berdasarkan potensi desa yang ada.

Dana desa, harus bisa di rencanakan dengan baik disesuaikan dengan program dari pemerintah pusat.
Sarasehan ini diikuti oleh 3.000 peserta, terutama camat, kepala desa, badan permusyawaratan desa, perangkat desa, lembaga pemberdayaan masyarakat desa, PKK.

“Tujuannya ini penguatan aparatur desa akan per kepala desa mampu menyusun perencanaan program desa dengan baik. Mampu membuat laporan pertanggung jawaban keuangan dengan baik, mampu menyusun peraturan desa dengan baik, dan cara menggerakkan dan mengorganisir masyarakat agar bersinergi dengan PKK, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada,” papar Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo berharap kepada kades agar mampu melihat persoalan maupun ancaman bangsa dan negara seperti radikalisme dan terorisme, narkoba, ketimpangan sosial dan korupsi.

“Anggarkan program desa, apa yang bisa lakukan oleh perangkat dan masyarakat desa. Cermati area rawan korupsi, pahami aturan dan Laporan Pertanggung Jawaban secara baik,” tandasnya.(Abdul Halil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here