M Saifullah ST : “Infrastruktur Menciptakan Lapangan Kerja dan Ekonomi”

0
118

MEDAN ketikberita.com | Kata infrastruktur sering di bicarakan orang banyak.Mengenai infrastruktur, awak media Ketikberita berkesempatan wawancara dengan Muhammad Saifullah ST.Pria tamatan ITB Bandung kelahiran Medan 20 Agustus 1981.Alumni ITB 2005 yang telah menikah dan di karuniai dengan 2 anak ini,bekerja sebagai Konsultan Infrastruktur dan Manajemen.Tamatan :1986-1987 TK Kartini Amaliun, 1987-1993 SD harapan 1, 1992-1995 MI Alwashliyah Jl. Ismailiyah, 1993-1996 SMP Harapan 1 , 1996-1999 SMA Negeri 1 Medan, 1999-2005 S1 Teknik Sipil, ITB Bandung.

Dengan semboyan hidup “Muda Berkarya Bersama…..”.M Saifullah ST mengaku sejak 2015 telah mendorong Pemerintah kota (Pemko) Medan untuk melakukan pembenahan infrastruktur di Medan.

Dan menurutnya sejak 2017, Bapenas (Badan Perencanaan Nasional),Kementerian Keuangan,kementerian Perhubungan dan Pemko Medan telah bekerja sama guna persiapan pembangunan LRT dan Bus way,sehingga di harapkan pada tahun 2021 pembangunan LRT dan Bus Way di kota Medan telah bisa di mulai pembangunannya di kota Medan.

Menurutnya,infrastruktur akan menciptakan industri industri baru dan makin menggerakkan ekonomi masyarakat.

Apa lagi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang banyak hasil kerajinan rakyat yang membutuhkan sentuhan infrastruktur untuk membantu (memudahkan jalur transportasi dan komunikasi).Tambahnya,seperti pembangunan jalan di kabupaten dan kotamadya bila hanya mengharapkan kemampuan dana pemko (APBD) maka akan sulit untuk membenahi infrastruktur daerah.

Maka itulah diperlukan dukungan pemerintah pusat,pemerintah provinsi dan swasta untuk bersama sama membangun dan merawatnya.M Saifullah ST yang kader Partai Bulan Bintang (PBB) pimpinan Yusril Ihza Mahendra salah satu tokoh muslim yang di segani tingkat nasional ini,mempunyai Visi : “berkontribusi membangun Indonesia yang madani melalui fungsi legislatif” . Misinya juga :

“Memperjuangkan esensi syariah di dalam perundang undangan yang disusun mendorong RUU (rancangan undang undang) infrastruktur yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan kesejahteraan masyarakat, serta akuntabilitas dan transparansi pemanfataan dana untuk infrastruktur.

Mendorong RUU (rancangan undang undang) geologi dalam rangka integrasi perencanaan yang mempertimbangkan aspek kegempaan dan geologi, mendorong peningkatan lapangan kerja dan kapasitas SDM lokal, khususnya di bidang infrastruktur, mendorong produktivitas pemuda untuk berkarya di segala bidang”

Dengan visi dan misi yang sangat besar untuk memajukan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) khususnya dan Indonesia pada umumnya,M Saifullah ST telah mempersiapkan Program jika terpilih menjadi anggota DPR RI,yaitu :

1. Membentuk saluran aspirasi secara fisik (rumah aspirasi) dan dunia maya (facebook, WA) Dalam rangka mendapatkan masukan penyusunan regulasi dan lain hal.
2. Menjalankan program aspirasi bulanan dengan diskusi online.
3. Jaring aspirasi di dapil pada masa reses.
4. Mendorong program pusat ke dapil untuk kesejahteraan masyarakat dengan saling bersinergi bersama pemerintah daerah (kepala daerah dan DPRD)
4. Membentuk staf ahli yang mewakili bidang keilmuan di komisi dan juga syariah.

M Saifullah ST menuturkan sekilas mengenai RUU infrastruktur:

RUU Infrastruktur secara umum menitik beratkan pada 5 hal, yaitu:
1. Integrasi perencanaan antar sektor infrastruktur dan aspek kegempaan –> sinergi dengan RUU Geologi
2. Transparansi dan akuntabilitas sumber pembiayaan sejak tahap perencanaan hingga implementasi –> contoh pemanfaatan dana haji untuk proyek infra (infrastruktur) yang mana dan berapa manfaat dan risiko yang diterima masyarakat. Apakah dana yang di gunakan sudah sesuai dengan akad pada saat penyetoran
3. Kejelasan skema pelaksanaan infrastruktur –> pengaturan perihal penugasan, kerjasama investasi, dan lainnya.
4. Infrastruktur desa –> perkuatan atas UU desa terkait penyediaan infrastruktur desa
5. Peningkatan kapasitas dan pemanfaatan SDM Lokal –> sinergi dengan UU konstruksi dan Insinyur. Memastikan SDM lokasi, termasuk konsultan di prioritaskan di dalam pemyediaan infrastruktur.

M Saifullah ST tercatat sebagai calon Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) no urut 4 dari Partai Bulan Bintang (PBB) daerah pemilihan (dapil) Sumut 1 yang meliputi kota Medan,Kabupaten Deli Serdang,Kabupaten Serdang Bedagai dan kota Tebing Tinggi untuk Pemilu 2019 ini.(Rudi Zulkifli).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here