Larangan Merokok Saat Berkendara Akan Berlaku di Tanjungpinang, Ini Penjelasan Kasatlantas

0
91

BATAM ketikberita.com | Hati-hati bagi pengemudi kendaraan bermotor yang kedapatan merokok saat mengendara, mereka bisa kena tilang hingga Rp 750 ribu.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat lantas) Kepolisian Resort (Polresta )Barelang Kompol I Putu Bayu Pati dasar hukumnya adalah terdapat pada pasal 283 Undang – undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan akan menerapkan aturan ini dengan tegas dengan melakukan penilangan jika kedapatan pengendara merokok saat berkendara.

Kasat lantas Putu Bayu Pati mengatakan, akan melakukan sosialisasi melalui operasi keselamatan kepada pengendara di Batam

“Kita sosialisasikan dulu lewat operasi keselamatan,” kata Putu Bayu saat diwancarai wartawan dihalaman Polresta Barelang Senin (29/4/2019).

Dalam pasal tersebut jelas bahwa pengendara yang dipengaruhi oleh suatu keadaan yang memicu hilangnya konsentrasi pengendara.

Maka pengendara akan dikenakan denda sesuai pasal 106 ayat satu sebanyak Rp 750 ribu serta kurungan penjara 3 bulan.

“Dihimbau untuk tidak merokok saat berkendara karena dapat mengganggu konsentrasi dan api dari rokok bisa mengenai pengendara lain sehingga dapat menyebabkan kecelakaan,” kata Putu Batu Pati (Indralis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here