Keturunan Syech Jired Sudah ada Di Palas, Salah Satunya Jurnalis Arab, Terima Kasih Bapak Kades Darma Bakti Nasution Telah Merawat Makam Syech Jired Al-Habsy

21

PALAS (Sumut) ketikberita.com | Keturunan Arab ternyata bukan Zaman Now aja hadir di Kabupaten Padang Lawas, ternyata Keturunan Arab hadir di Palas sudah lama sejak abad ke 14, yaitu Syech Jired Alhabsy beserta Istrinya.

Siapakah Keturunan Syech Jired yang ada di Zaman Now, beliau adalah salah satu Jurnalis Senior dan Profesional di Kabupaten Palas, yaitu Said Mustava Kamal Al Habsy alias Dewak Jarlub. Kemarin pada hari minggu Jurnalis atas nama Dewak Jarlub berziarah di Makam Keramat Syech Jired Alhabsy, tepatnya di Desa Pagaranbira.

Saya atas nama pribadi dan Keturunan Arab keseluruhan, sangat bangga ada Buyut kami yang dulunya sebagai Pedagang sekaligus Mendakwah di daerah Kabupaten Palas yang dulunya adalah Barumun, tepatnya di Desa Pagaranbira. Dan Makam Keturunan kami warga Arab dirawat baik dan bersih oleh masyarakat khususnya para Kepala Desa didaerah Pagaranbira.

Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Kepala Desa Pagaranbira Darma Bakti Nasution karena makam Keturunan kami Arab-Alhabsy dirawat dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Keturunan langsung Syech Jired Al-Habsy, yang sekarang tinggal dan bekerja di Kabupaten Padang Lawas yaitu Jurnalis Senior Said Mustava Kamal Al-Habsy atau sering di sebut Dewak Jarlub.

Lanjut Dewak Jarlub bahwa sebelumnya saya tidak tau ada Makam Keramat Keturunan Al-Habsy di daerah Padang Lawas tepatnya di Desa Pagaranbira. Karena saya pikir pertama kali datang Keturunan Arab di Kabupaten Padang Lawas adalah Said Mustava Kamal Al-Habsy alias Dewak Jarlub. Rupanya pada Abad 14 sudah hadir seorang Alim Ulama yang sekaligus berdagang sambil berdakwah kedaerah Padang Lawas yang dulunya Barumun tepatnya di Daerah Pagaranbira.

Untunglah teman saya Jurnalis bernama Azrul Hasibuan berziarah di Makam Keramat Syech Jired Al-Habsy tersebut dan mengatakan sama saya (Dewak Jarlub) bahwa ada Makam Keramat Keturunan Arab di Pagaranbira, makanya pada hari Minggu (12-01-2020) langsung berziarah bersama Azrul dan Teman saya bernama Fery Ginting atau Wak Dul.

Awalnya saya mau membawa anak-anak saya, tapi karena ini Makam Keramat saya melihat situasi kenyamanan bagi Anak-Anak apakah enak dan nyaman jika berziarah membawa anak-anak, sekaligus permisi dulu dengan Syech Jired Al-Alhabsy, bahwa satu saat akan datang berziarah lagi.

Ternyata setelah berziarah suasananya bagus dan nyaman, bahkan bersih lagi tempatnya, tapi jika Bupati Palas atau Wakil Bupati Palas tidak keberatan merawatnya yang lebih indah lagi, kami sebagai Keturunan Arab di Padang Lawas berterima Kasih kepada Bapak Bupati.

Lanjut Dewak Jarlub bagi masyarakat ingin berziarah ke Makam Syech Jired Al-Habsy untuk meminta Doa jalan Kehidupan yang baik dan sejahtera, berziarahlah ke Makam Syech Jired Al-Habsy, sekaligus bisa bawa Sekeluarga di Makam Keramat tersebut, tapi dengan syarat kita masuk ke Makam itu jangan Takabur dan bahasa Kotor, karena itu Makam Keramat. Tapi ingat..bahwa kita datang berziarah ke Makam Keramat atau seorang Syech Jired Al-Habsy bukan segala-galanya bahwa Makam tersebutlah yang menjadi Panutan kita dalam menjalani Hidup dan Kehidupan.

Baik kehidupan dalam Kesehatan, agar hidup kita lebih sejahtera, begitu juga usaha kita menjadi lancar, dan pekerjaan kita menjadi bagus. Tapi pada intinya bahwa kita berpanutan kepada Allah SWT untuk meminta dan memanjatkan Doa segala-galanya, baik itu arah doanya untuk Kesehatan, Rumah Tangga Akur, Jauh dari hal-hal yang buruk seperti Racun dan Santet, untuk Dagang kita supaya lancar dan agar bisa naik Jabatan tetap bagus, maka kita Sholat dan berdoa kepada Allah SWT.

Kalau makam Keramat Syech Jired Al-Habsy itu hanya bantuan sama Allah SWT. Karena sudah terbukti keberadaan Keramat Syech Jired Al-Habsy tersebut dengan berziarah salah satu Kepala Desa yang bermohon doa agar menang menjadi Kepala Desa, dan Alhamdulillah dikabulkan Allah SWT Kepala Desa itu menang.

Nah… Sebentar lagi Pilkada Bupati, jika ada calon yang percaya akan Keramatnya Makam Syech Jired, datanglah untuk berziarah dan berdoalah agar bisa menang jadi Bupati, tapi setelah menang harus ada yang kita beri kontribusi kepada Makam Keramat Syech Jired Al-Habsy atau juga bisa kita baguskan Makam tersebut dengan lebih indah lagi, seperti jalan menuju tempat Makam yang perlu lagi diperbaiki.

Lanjut Dewak Jarlub bahwa kami memohon kepada Bupati Padang Lawas untuk merawat Makam Keramat Syech Jired Al-Habsy tersebut, agar lebih bisa menjadi Wisata Religi di Padang Lawas.

Kami juga bermohon kepada Kepala Desa di Pagaranbira agar merawat Makam Keramat Syech Jiret Al-Habsy tersebut, dan jika ada keturunan Arab yang hidup dan meninggal di Kabupaten Palas, agar bisa dimakamkan satu area dengan Syech Jired Al-Habsy, karena biar tahu masyarakat Palas keseluruhannya agar Keturunan Arab ada dan hidup di Kabupaten Padang Lawas mulai abad ke 14 sampai Abad Zaman Now 2020, biar tidak lagi di bilang bahwa Makam Syech Jired tidak Bertuan karena tidak ada Keturunan Arab yang tinggal di Palas, sekarang inilah Keturunan Syech Jired Al-Habsy ada di Padang Lawas Said Mustava Kamal Al-Habsy alias Dewak Jarlub. (DEWAK JARLUB S. SOS/JAWA-ARAB-LUBIS)