Kelompok Assyifa 1 Paya Rahat Raih Juara 1 Asman Toga Tingkat Nasional

0
19

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Rita Syntia Mursil (barisan ketujuh dari kanan) dan Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati (kesembilan dari kanan), bersama Dirjen Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, SpOG (K) MARS, dan para peraih prestasi Anugerah Kesehatan Nasional tahun 2019, Jumat (08/11/2019) di ICE BSD Tangerang.

Dalam pada ini, Kelompok Asuhan Mandiri Assyifa 1 asal kampung Paya Rahat, Kecamatan Banda Mulia Aceh Tamiang, didaulat menjadi Juara Pertama oleh Kementerian Kesehatan sebagai Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui Pemanfaatan TOGA dan Akupresur tahun 2019 untuk kategori Kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil.

Kelompok Asuhan Mandiri Assyifa 1 asal kampung Paya Rahat, Kecamatan Banda Mulia Aceh Tamiang, didaulat menjadi Juara Pertama oleh Kementerian Kesehatan sebagai Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui Pemanfaatan TOGA dan Akupresur tahun 2019 untuk kategori Kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil. Penghargaan diberikan oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, SpOG (K) MARS, atas nama Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang – Banten.

Penghargaan yang diberikan hari ini merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019. Penghargaan itu diterima langsung kader PKK Kampung Paya Rehat, Sanikem yang didampingi oleh Ketua TP-PKK Aceh Tamiang, Rita Syntia Mursil, dan Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati.

Rita yang memimpin delegasi TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang pada acara tersebut mengungkapkan syukur dan rasa gembiranya atas capaian prestasi tersebut. Menurutnya, capaian ini dapat menjadi cambuk penyemangat bagi kader-kader PKK di Aceh Tamiang untuk lebih menggalakkan kembali warisan orang tua dahulu, memberdayakan pekarangan rumah tangga sebagai pemenuhan kebutuhan obat keluarga.

Ditegaskan Rita, menjadi juara bukanlah tolak ukur keberhasilan program Asman Toga. Akan tetapi, hal yang lebih penting adalah kesinambungan Asman TOGA di masyarakat Aceh Tamiang secara luas. Karenanya, kata Rita, TP-PKK Aceh Tamiang terus mendorong agar masyarakat aktif memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanam TOGA, serta membentuk Asman Toga di tiap SKPK dan Kampung.

Pada penutup pesannya, Rita menyebutkan, penghargaan yang diterima Kelompok Assyifa 1 tersebut merupakan hasil kerja semua pihak yang saling bersinergi dalam rangka mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045. Ini menunjukkan betapa pentingnya upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pada pelaksanaan pembangunan kesehatan secara komprehensif, secara khusus, di Kabupaten Aceh Tamiang.

Bagi kelompok Assyifa 1 sendiri, capaian prestasi ini menggenapkan prestasi mereka yang sebelumnya juga menjadi Juara Pertama Penilaian Kelompok Asman TOGA tingkat Aceh. Kelompok asal Kampung Paya Rahat ini mengikuti seleksi dan penilaian secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, hingga akhirnya terpilih menjadi Juara Pertama tingkat Nasional.

Selain Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh tamiang, Rita Syntia Mursil dan Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, tampak menyertai ikut dalam delegasi Camat Banda Mulia, M. Farij, serta sejumlah pengurus TP-PKK.(ABS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here