Kecamatan Saogae’adu Terpilih Sebagai Kecamatan dan Camat terbaik

0
102

NIAS ketikberita.com – Dalam rangka mengapresiasi peningkatan kapasitas sumber daya aparatur menuju pemerintah aparatur melayani yang benar-benar hadir ditengah-tengah masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten Nias serahkan tunggul kecamatan terbaik tahun 2017 yang dilaksanakan di Halaman Upacara Kantor Kecamatan Sogae’adu, Rabu (18/10/2017).

Bupati Nias Drs. Sokhi’atulo Laoli, MM bertindak sebagai Pembina upacara dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Penyerahan tunggul kecamatan terbaik Tingkat Kabupaten Nias tahun 2017 merupakan tindaklanjut dari Surat Keputusan Bupati Nias Nomo 138/648/K/Tahun 2017 Tentang Penetapan Kecamatan/Camat terbaik Tingkat Kabupaten Nias Tahun 2017 yang sebelumnya telah diawali dengan peninjauan lapangan oleh Tim Penilai Kecamatan/Camat terbaik tingkat Kabupaten Nias Tahun 2017 pada masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Nias.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nias Drs. Skhi’atulo Laoli, MM mengucapkan selamat kepada camat SAogae’adu sebagai kecamatan dan camat terbaik I, Camat Bawolato serta Camat Hiliduho sebagai camat terbaik II dan II, “kiranya prestasi yang telah dicapai dapat menjadi pemicu semangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Nias sehingga kerja keras dan pngabdian saudara sekalian dapat benar-benar bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan daerah yang kita cintai,” tandasnya.

Penilaian kecamatan terbaik tidak hanya dilaksanakan dan fokus pada kantor kecamatannya saja tetapi juga pada desa-desa yang terdapat dikecamatan tersebut, perlu untuk dilaksanakan mengingat desa merupakan cerminan atau wajah dari kecamatan itu sendiri, sehingga berhasil tidaknya suatu kecamatan dapat dilihat dari perkembangan desa-desanya.

“Hal-hal yang menjadi pokok penilaian diantaranya 1- (sepuluh) wajib kecamatan, pembinaan dan pemberdayaan maasyarakat, penguasaan data dan pemanfaatan potensi yang ada diwilayah kerja masing-masing dan berbagai hal lainnya terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab camat beserta aktualisasi gerakan Kreatif, Inovatif dan Sinergis (KIS) yang telah dikampanyekan pemerintah daerah dalam rangka memaksimalkan dan mempercepat visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nias yakni, mewujudkan masyarakat Nias maju, Mandiri dan Sejahtera (MMS),” .

Pemerintah pusat melalui program Nawa Cita Kabinet Kerja, telah berketetapan untuk “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan”, dalam hal ini pemerintah pusat melalui berbagai instrument kebijakan dan program, senantiasa mendorong dan mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Nias senantiasa focus pada upaya peningkaatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas pelayanan public, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.

Dengan harapan kepada camat sebagai unsur perangkat daerah kiranya dapat menindaklanjuti hal tersebut dimasyarakat sehingga kinerja pelayanan public dimasing-masing kecamatan di Kabupaten Nias senantiasa meningkatkan dari waktu ke waktu,” (Wardi)