Kasat Polair Polres Sergai Laksanakan Kebijakan Kabaharkam dan Dir Polairud Poldasu Didesa Bagan Kuala Tj. Beringin

52

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Kasat Polair Polres serdang Bedagai bersama personil Sat Polair melaksana kan dalam menindak lanjuti kebijakan Bapak Kabaharkam Polri dan Bapak Dir Polairud Polda Sumut yaitu “Mendukung penguatan Ekonomi Kerakyatan Demi Terjaganya Stablitas Keamanan Dalam Negeri guna Mewujudkan SDM yang Unggul Indonesia Maju” bertempat di Aula Kantor Desa Bagan Kuala Kec. Tanjung Beringin, Sabtu (18/01).

Kasat Pol Air Polres Sergai AKP. Candra T.Situmorang dalam sambutan menyebutkan kegiatan yang diikuti 40 orang Masyarakat, dengan memberikan bantuan Dana untuk bantuan modal membeli bahan dan menghadirkan pelatihan dan pengajar untuk membimbing ibu -ibu dan Bapak Nelayan agar memiliki keterampilan dan keahlian/kemampuan yang dapat membantu perekonomian nelayan.

Disebutkanya dengan membuat kelompok Nelayan dari beberapa Desa di Kab. Serdang Bedagai, melakukan diskusi dan tanya jawab kepada masyrakat pesisir dalam strategi pemasaranya dan promosi kerajinan tangan dan ciri khas makanan yang di hasilkan dari masyrakat pesisir Sergai, selanjutnya kami akan mencari solusi dlm membantu memasarkan.

Adapun tujuan sasaran utama adalah para Masyarakat Pesisir, dan Kelompok ibu rumah tangga / Isteri Nelayan dan bertujuan memberikan Bimbingan/ pelatihan kepada masyrakat pesisir agar memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menambah pendapatan tambahan selain menjadi Nelayan.

Selain itu untuk mengetahui permasalahan di masyrakat pesisir serta mencarikan jalan keluar (solusi) utk meningkat kesejahteraan Nelayan, membimbing dan mengarahkan masyrakat pesisir yg memiliki hasil produk yg siap utk di pasarkan, serta membantu masyrakat dlm hal strategi pemasarannya sehinngga masyrakat umum dapat mengetahui bahwa ini adalah produk dari masyrakat pesisir Serdang Bedagai

Hadir dalam kegiatan tersebut AKP. Chandra T Situmorang Kasat Polairud Polres Sergai.Bpk. Syrahril Kades Bagan Kuala, BRIPKA. Miswadi Dan Kapal. KP. 2029, BRIGADIR. Supriono Dan Kapal. KP. 1022, Tokoh Masyarakat pesisir, Warga masyarakat

Dalam kegiatan ini dihadirkan Tim Narasumber (pengajar/ juru masak) yg dapat membimbing ibu2 nelayan utk lebih mendalami kemampuannya dibidang masak – memasak, seperti : membuat bakso ikan dan keripik jeruju dari manggrove, yg mana ciri khas Desa Bagan kuala Bedagai dan sekaligus pemasarannya, serta membuat kerajinan tangan menggunakan cangkang kerang yg dikumpulkan untuk hiasan lampu dll.

Kegiatan pemberian bantuan pembimbing /Tim pengajar dan bahan makanan yg akan dijadikan produk yg dpt dipasarkan kpd masyrakat pesisir berjalan dgn lancar dan baik

Masyarakat bisa merasakan bahwa dgn memiliki kemampuan keterampilan dgn memanfaatkan hasil dari laut dapat menambah perekonomian masyrakat pesisir serta membantu suaminya mencari pendapatan tambahan.

Untuk pelaksanaan akan dilakukan monitoring serta pengawasan/ bimbingan oleh personil satpolair dan Personil Sat Polair siap membantu masyrakat pesisir dlm meningkatkan perekonomian.(AfGans)