Kapoldasu Apresiasi Kinerja Polres Pelabuhan Belawan “Sita 100 Gram Shabu,Selamatkan 1000 Orang dari Kecanduan Narkoba

0
172

BELAWAN ketikberita.com | Kapoldasu Irjen Pol Drs.Paulus Waterpauw “memberikan Apresiasi” kepada Polres Pelabuhan Belawan dibawah kepemimpinan AKBP Ikhwan Lubis,SH.MH beserta jajaranya,atas kinerjanya mengungkap hasil kejahatan diwilayah hukumnya,hal tersebut dikatakan Kapoldasu dalam kegiatannya pada acara Konferensi Pers yang digelar di Aula Polres Pelabuhan Belawan.

Dalam kegiatan yang di laksanakan Polres Pelabuhan Belawan, yang dikemas dalam suatu Konferensi Pers atas keberhasilan Pengungkapan 4 (empat) kasus yaitu,kasus curanmor,penyalahgunaan Narkotika,OTT,dan perjudian yang dipimpin oleh langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Drs.Paulus Waterpauw,Jum’at (10/8/2018) pukul 16.15 wib petang.

DIHADIRI PJU POLDASU,PJU POLRES PELABUHAN BELAWAN,PJU LANTAMAL I BELAWAN

Dalam kegiatan Konferensi Pers tersebut dihadiri Dir Pam Obvit,Dir Pol Air,Wadir Krimum,Kapolres Pelabuhan Belawan,Dan Yon Marhanlan I Belawan (Dan Yon Marinir),Wakapolres Pelabuhan Belawan,Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan,Kabag Ren Polres Pelabuhan Belawan,Kasat Intelkam,Kasat Reskrim,Kasat Narkoba,Kapolsek Jajaran.

PEMAPARAN KASUS CURANMOR

Hasil pengungkapan kasus Yang dipaparkan dalam kegiatan Konferensi Pers tersebut,menyangkut tiga kasus yaitu, kasus Curanmor dengan korbannya Rahmansyah,penduduk Jalan Perjuangan Gg. Kumbara No. 453 Pasar IV Desa Helvetia.

Dalam aksi tindak pidana Curanmor tersebut dengan tersangkanya,Muzakir alias Joker (35), Eko Wibowo (34), Didi Utomo (33), Mhd. Hendri Handoko (25) dan Yus Mediantoro (38)

Dari hasil penangkapan turut disita petugas Kepolisian Polres Pelabuhan Belawan barang bukti berupa,15 Unit sepeda motor,11 buah kunci T,1 bilah pisau kecil berbentuk keris,1 pucuk air soft,6 unit HP,4 tabung gas Air soft gun,1 kotak gotri / amunisi air soft gun,2 buah gunting,2 buah tang,4 buah helm,1 unit HT.

Dari Hasil introgasi para tersangka (TSK) kepada Polisi,mengaku sudah beraksi lebih dari 100 (seratus) kali dengan hasil penjualan sepeda motor hasil curian mulai dari 2 juta sampai dengan 4 juta rupiah.

Kemudian dari hasil pengungkapan kasus tindak pidana penyalah gunaan Narkotika jenis Shabu dan daun ganja kering bahwasanya Sat Narkoba Pelabuhan Belawan,pada hari kamis,tanggal 09 Agustus 2018 sekitar pukul 16.30 wib,telah melakukan penangkapan TSK Tindak Pidana Narkoba yang merupakan Tahanan Pendamping (Tamping) dari Rutan Cab.Labuhan Deli.

PEMAPARAN KASUS PENGUNGKAPAN NARKOTIKA

Dalam kasus Narkotika jenis Shabu ini, dengan tersangka Dedi Pulungan (35) Warga Binaan Rutan Cab.Labuhan Deli dengan kasus 365 / Sajam.

Tersangka ditangkapan diJalan Titi Pahlawan seberang Rutan Cab.Labuhan Deli.Barang bukti disita petugas Kepolsian berupa,102,5 gram Shabu,1 unit HP,1 gandul kunci,uang Rp. 377.000.

Kronologis penangkapan TSK,pada saat personil Polres Pelabuhan Belawan sedang melakukan perjalanan kembali ke Mako seusai melaksanakan giat K2YD yang dipimpin oleh Kabag Ops,Tim yang dipimpin oleh Ipda AR. Riza, SH melihat TSK berada diluar lapas.

Karena mengenal TSK yang merupakan residivis pelaku curas, Ipda Riza dan tim curiga dengan gerak – gerik TSK. Saat didekati TSK langsung membuang bungkusan plastik warna hitam, sehingga langsung dilakukan penangkapan.
Bungkusan yang dibuang oleh TSK berhasil ditemukan dan ternyata adalah narkotika jenis shabu, dan kemudian saat TSK diintrogasi di TKP, tiba- tiba datang seorang personil Polsuspas Rutan Cab.Labuhan Deli yang memarahi dan menampar TSK sehingga ikut diamankan dan dibawa ke Komando untuk pemeriksaan.

Pada saat dibawa ke Mako Polres Pelabuhan Belawan, TSK yang dibonceng menggunakan sepeda motor melakukan perlawanan dan mencoba melarikan diri sehingga dilakukan tindakan tegas dengan penembakan untuk menghentikan upaya TSK melarikan diri dan kemudian TSK dibawa ke RS TNI angkatan laut untuk mendapat perawatan.

Dari hasil pemeriksaan petugas Kepolsian Satnarkoba Polres Pelabuhan Belawan diketahui tersangka bernama Dedi Pulungan,yang tugas dari TSK tersebut menjemput narkotika jenis shabu-shabu atas suruhan tahanan lainnya berinisial D.Shabu tersebut dijemput didepan Rutan yang diantar oleh istri TSK D.Dari hasil pemeriksaan, personil Polsuspas tidak terlibat dan tidak mengetahui TSK Dedi pulungan membawa Narkotika Jenis shabu. Dirinya datang kelokasi untuk menjemput TSK Dedi Pulungan yang merupakan Tamping karena terlalu lama diluar.Terhadap TSK D akan dilakukan penangkapan di dalam rutan (Sidik) dan terhadap istri TSK D akan dilakukan pengejaran dan penangkapan dan sudah ditetapkan dengan status (DPO)

Masih dalam kasus Narkotika,Untuk tindak pidana tentang Narkotika jenis daun ganja kering yang berhasil diungkap Satreskrim Polsek Medan Labuhan,pada hari Sabtu,tanggal 4 Agustus 2018 sekitar pukul 16.00 wib, telah dilakukan penangkapan terhadap TSK tindak pidana narkoba oleh Polsek Medan Labuhan.Dari hasil intrograsi awal dikerahui tersangka bernama Abdul Efendi (54) penduduk Pasar Lama Gudang Kapur Kel. Pekan Labuhan Kec.Medan Labuhan.
Tersangka ditangkap di Pasar Lama Gudang Kapur Kel. Pekan Labuhan Kec.Medan Labuhan.
Dengan barang bukti yang berhasil diamankan 2 Kg daun ganja kering.

PEMAPARAN PENGUNGKAPAN KASUS OTT

Untuk kasus OTT Pungli dapat diungkap Sat Reskrim Pelabuhan Belawan melalui laporan pengaduan masyarakat (Dumas),pada har Rabu,tangal 8 Agustus 2018 pukul 12.00 wib, Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan berhasil melakukan penangkapan terhadap TSK tindak pidana Pungutan Liar (Pungli) untuk pengurusan Surat Keterangan Tanah (SKT).Dalam kasus OTT tersebut sebagai tersangkanya bernama Suriadi, (57) pekerjaan Aparatur Sipil Negara (PNS), penduduk Desa Bulu Cina Kec. Hamparan Perak Kab.Deli Serdang.Pelaku ditangkap di Kantor Desa Buluh Cina Kec. Hamparan Perak Kab.Deli Serdang.Dalam penangkapan tersebut turut didita barang bukti berupa foto copy SK Tanah,buku register SK Tanah,Amplop yang bertuliskan nama Sekdes berisi uang Rp. 2.000.000,-dan 1 buah tas warna hitam.

PEMAPARAN KASUS PENGUNGKAPAN PERJUDIAN

Untuk paparan kasus yang terakhir yaitu hasil pengungkapan kasus pengungkapan kasus tindak pidana perjudian,berupa perjudian,Dindong atau Jack Pot. Dengan tersangka berjumlah 4 (empat) orang yaitu M. Akbar (29),Josua Nababan (26),Roni Andika (23) dan Jefri(31).
Keempat tersangka diamankan di Jalan KL Yos Sudarso lk. 19 Kel. Pekan Labuhan Kec.Medan Labuhan.Dari penangkapan keempatnya turut diamankan barang bukti berupa 7 unit mesin Jack Pot atau Dindong,170 buah koin dan uang tunai Rp. 26.000,-

Berikutnya yang berhasil diungkap perjudi kartu domino.Dengan tersangka ,Ahmanliyansyah (77),Afifuddin (45) Irwan Kalimanjaro (61)dan Supri (45).Keemparnya ditangkap diKampung Tengah Kel. Terjun Kec. Medan Marelan.
Barang bukti yang berhasil diamankan 1 set kartu domino dan uang tunai sebesar Rp. 45.000.

HIMBAUAN KAPOLDASU KEPADA MASYARAKAT TERKAIT MENINGKATNYA KASUS KEJAHATAN

Dalam penyampaiannya,Kapoldasu Irjen Pol Drs.Paulus Waterpauw menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus-kasus kejahatan yang akhir-akhir ini cukup meningkat secara Signifikan sudah sangat meresahkan masyarakat khususnya di kota Medan.

“Diharapkan kepada masyarakat harus ekstra hati-hati dalam menjaga kendaraannya,khususnya roda dua,hendaknya dipasang kunci ganda pada kendaraan yang ingin diparkirkan,baik dirumah,dikantor,swalayan dan pusat-pusat perbelanjaan lainnya,mengingat begitu profesionalnya pelaku-pelaku kejahatan Curanmor ini,hanya dengan 10 (sepuluh) detik para pelaku dengan cepat berhasil membawa kabur kendaraan roda dua pada umumnya,”terang Kapoldasu dihadapan para awak media.

Lanjut Kapoldasu,”untuk kasus Narkotika,saya memberikan Apresiasi kepada Personil Polres Pelabuhan Belawan dibawah kepemimpinan AKBP Ikhwan Lubis,SH.MH sebagai Kapolresnya,atas keberhasilan pengungkapan peredaran Narkotika jenis Shabu,yang berhasil menangkap pelakunya dan barang bukti 100 (seratus) gram lebih Shabu-Shabu,bila dikomsumsi kepada para pecandu Narkoba,maka dapat dibagikan kepada 1000 orang pecandu.Luar biasa..hari ini Polres Pelabuhan Belawan berhasil menyelamatkan 1000 orang dari kecanduan Narkotika jenis Shabu,”tutup Kapoldasu.

Kegiatan Konferensi Pers selesai pada pukul 17.15 WIB dalam keadaan aman dan baik.Dan untuk berikutnya,Kapoldasu dan rombongan melanjutkan kegiatan kunjungannya ke Mako Polisi Perairan Polda Sumut di Belawan.(Abdul Halil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here