Kades yang Terlibat Hukum Akan Diberhentikan Sementara

0
35

SUBULUSSALAM (Aceh) ketikberita.com | Setelah melalui proses panjang,dalam membuktikan asli atau Palsu ijazah yang digunakan, beberapa Kepala Desa dikota Subulussalam, mulai dari awal Kepolisian, Kejaksaan hingga ke Pengadilan Negri Singkil, yang menyita waktu tahunan,sebagai contoh Saptudin Kombih,di Desa Jambi Baru kecamatan Sultan Daulat, diduga gunakan ijazah palsu, dalam mengikuti Pemilihan KADES beberapa tahun yang lalu, akhirnya setelah proses demi proses, maka PN singkil memvonis beliau bersalah,dengan nomor : 5/PID.B/2018/PN.Skl.

Selanjutnya dengan putusan PengadilanTinggi Banda Aceh(PT,BNA) yang menguatkan putusan PN, Singkil, dengan nomor : 183/PID/2018/PT.BNA dan selanjutnya PengadilanTinggi Banda Aceh mengabulkan permohonan permintaan banding, ke MA pusat.

Menurut Assisten I (Pemerintahan) Ir,Sulisman MM, yang ketika itu didampingi oleh Kabag Hukum, Supardi SH, diruang kerjanya 8 Juli 2019, beliau menjelaskan, dan setelah hasil musyawarar Petinggi Pemko Subulusaalam, bagi Kepala Desa yang masih terjerat hukum, akan diberhentikan sementara, kata Kabag Hukum Setdako, dihadapan Assisten I, ketika dikonfirmasi.

Ditambahkan kan mereka lagi bahwa persoalan Pemberhentian sementara ini akan segera dilakukan, sambil menunggu keputusan Kasasi dari MA, dan hal ini telah menjadi pertimbangan Pemko Subulussalam, melalui Qanun kota Subulussalam, nomor 13, tentang Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Kampong. Seterusnya disesuaikan dengan Qanun Aceh, nomor 4 tahun 2009, juga tentang pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Kampung.

Selain hal ini kata Assisten dan kabag hukum, masih banyak lagi persoalan hukum yang akan kita tuntaskan, di Pemko Subulusaalam, ada yang menyangkut dengan disiplin PNS, dan ada juga yang menyangkut dengan ASN korupsi, sehingga diharapkan semua persoalan hukum akan dituntaskan di jajaran Pemko ini, kata mereka sekali gus mengakhiri konfirmasinya.
(J.Saran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here