ITM Tuan Rumah LKTI Tingkat Nasional

0
27

MEDAN ketikberita.com | Institut Teknologi Medan (ITM) dipercaya sebagai tuan rumah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional 2018. Kegiatan tersebut dibuka Dekan Fakultas Teknik ITM Ir Suwarno, kemarin di aula kampus tersebut, Jalan Gedung Arca Medan.

Pada ajang LKTI tersebut juga dirangkai musyawarah nasional (Munas) XII Mahasiswa Teknik Mesin Indonesia.

Dekan Fakultas Teknik ITM Ir Suwarno dalam sambutannya meminta, penilaian LKTI ini harus ada kesepakatan bersama. Karena proposal dan karya tulis itu berbeda.

Perbedaannya itu lanjutnya, kalau makalah berbentuk proposal itu baru mengajukan sedangkan karya ilmiah itu sudah berupa jurnal. Jadi yang dinilai proposal atau karya tulisnya. Pada ajang itu melibatkan para juri dari kopertis dan eksternal.

Dalam kesempatan itu juga Suwarno mengucapkan selamat datang kepada para peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Munas XII Mahasiswa Mesin Indonesia. Dia berharap kegiatan ini bermanfaat dan menjadi inovasi.

Dijelaskannya, produk keilmuan yang dihasilkan mahasiswa dalam lomba karya tulis ilmiah itu biasanya diperkenalkan di bangku kuliah dan terus dilatih selama proses pembelajaran.

“Karya tulis ilmiah ternyata tidak hanya dirasakan orang yang bersangkutan, tetapi juga seluruh orang yang berkecimpung dalam hal keilmuan. Manfaatnya lebih besar dari sekadar menyimpulkan hipotesis dan menjawab permasalahan,” katanya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin Piterson mengucapkan terimakasih kepada panitia karena acara ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Dia juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa teknik mesin perwakilan setiap institusi.

Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Mesin Sumut Wilayah I B Edi Baktiar Siboro mengatakan hal yang sama. Menurutnya LKTI tujuan target ke depan bicara teknologi.

Adapun peserta lomba LKTI ini antara lain Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, HMM UMSU 1b, HMM ITM 1b, Universitas Tangerang III, Universitas Muhammadiyah Tirtayasa III, KMM Jabar (HMM UPI) IV, HMM Untad.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua Jurusan Teknik Mesin ITM Nurdiana MT dan Sekjur Iswandi. Usai acara para peserta LKTI memaparkan hasil karya tulis ilmiah dihadapan para juri dan peserta lomba. Peserta lomba diberi waktu 20 menit untuk memaparkan karya tulisnya.(er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here