Gubernur Sumut Lepas Karnaval Budaya di Festival Pesona Lokal

0
34

MEDAN ketikberita.com | Beraneka ragam busana tradisional dari berbagai etnis yang ada di Sumatera Utara (Sumut) tampil memukau di Karnaval Budaya, Festival Pesonal Lokal, di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (3/8). Ada juga atraksi budaya dan musik tradisional yang menarik perhatian ribuan penonton.

Karnaval Budaya yang diikuti lebih dari 48 grup dengan 861 peserta tersebut secara resmi dilepas oleh Gubernur Sumataera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Walikota Medan Dzulmi Eldin. Gubernur menyampaikan kepada masyarakat, bahwa Sumatera Utara kaya akan budaya, begitu juga Indonesia. Sehingga setiap orang harus bisa menghargai budaya yang ada. Apalagi kekayaan ini merupakan ‘aset’ yang harus dilestarikan hingga generasi mendatang.

“Inilah budaya. Kalau kita menghargai budaya kita, berarti kita masih mempunyai seni. Seni adalah pilihan. Pilihan manusia hidup. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada Adira Finance yang telah menyelenggarakan Festival Pesona Lokal. Selamat menyaksikan,” ujar Gubernur.

Dirinya juga meminta agar seluruh warga mendukung kegiatan pelestarian budaya seperti ini. Begitu juga dengan sikap sebagai tuan rumah yang baik, yang melestarikan budaya tercinta serta menjadi kebanggaan bersama.

“Semoga Sumatera Utara menjadi bermartabat, untuk warga Sumut,” sebut Gubernur sebelum melepas Karnaval Budaya.

Selain itu, Edy Rahayadi juga menyampaikan bahwa kekayaan budaya di Indonesia dapat dilihat dari banyaknya suku yang ada, mencapai 714 suku sebagaimana sering disampaikan Presiden. Sehingga akan banyak gelaran yang dilaksanakan di berbagai daerah, termasuk di Sumut, khususnya di Kota Medan sebagai ibukota provinsi.

Karena itu, kata Edy Rahmayadi, kegiatan budaya seperti ini diharapkan menjadi agenda rutin tahunan di daerah ini. “ Kita harapkan bisa (jadi agenda tahunan) terus. Sehingga anak cucu kita jangan sampai tidak tahu begitu kayanya budaya di Indonesia ini,” sebutnya.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka promosi budaya lokal, terutama di Kota Medan. Diwujudkan dengan gelaran karnaval budaya, kuliner, kesenian dan sebagainya.

“Kegiatan ini bagian dari (program) CSR kami untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Terima kasih atas sambutan yang hangat dan partisipasi yang luar biasa dari masyarakat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan ini dengan meriah, aman dan tertib,” sebutnya.(er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here