Gempa Susulan Terus Terjadi, BMKG : Berpotensi Tsunami

0
148

LOMBOK ketikberita.com | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan potensi tsunami setelah gempa 7 magnitudo yang terjadi di Lombok, NTB. Potensi tsunami terjadi di pantai Lombok Barat bagian Utara dengan status waspada serta pantai Lombok Timur bagian Utara dengan status waspada.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan waktu kedatangan tsunami diperkirakan pukul 18.48 WIB.
“Status waspada artinya Pemda yang berada di status waspada memperhatikan peringatan dini dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai. Kemungkinan air laut akan naik ke daratan tetapi kedalaman berkisar kurang dari 0,5 meter,” ujar Sutopo , Minggu (5/8).

Sutopo memperkirakan kerusakan bangunan banyak terjadi di Mataram. “Umumnya bangunan-bangunan yang dibangun dengan kurang memperhatikan konstruksi tahan gempa akan mengalami kerusakan,” tutup dia. asakan di Kota Mataram.

“Berdasarkan laporan BMKG telah ada tsunami dengan ketinggian tsunami yang masuk ke daratan 10 cm dan 13 cm. Diperkirakan maksimum ketinggian tsunami 0,5 meter,” tutur Sutopo.

Sutopo memperkirakan kerusakan bangunan banyak terjadi di Mataram. “Umumnya bangunan-bangunan yang dibangun dengan kurang memperhatikan kontruksi tahan gempa akan mengalami kerusakan,” tutup dia.(Kum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here