Bupati Nias Barat Dan Kapolres Nias Kunker Di Pulau Hinako

0
59

NIAS BARAT ketikberita.com | Cuaca cukup indah bersahabat tatkala Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.P bersama Ibu dan Kapolres Nias, AKBP. Deni Kurniawan, S.IK.,MH bersama Ibu dan rombongan menapaki jalan dan menaiki kapal kecil di pagi hari jelang siang menuju pulau Hinako. Sabtu (6/7/2019)

Atas pertolongan Tuhan empat unit Kapal pengangkut rombongan akhirnya sampai juga di pelabuhan Hinako dengan menempuh perjalanan sekitar 20 menit, namun sebelum merapat di dermaga pelabuhan Hinako sejenak memantau ombak di pantai Pulau Bawa dimana sejumlah peselancar sudah siap menantang ombak besar menghantam batu karang di pesisir Pantai Pulau Bawa. Tokoh masyarakat di dua belas desa pulau Hinako menyambut baik kedatangan Bupati Nias Barat dan Kapolres Nias beserta rombongan dan acarapun berlangsung di Gereja AMIN Jemaat Siliman Banua Hinako.

Kapolres Nias Deni Kurniawan, S.IK.,MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa semenjak Presiden Joko Widodo berkunjung di Pulau Nias ini dan menetapkan program unggulan dalam upaya membangun Pulau Nias ini maka Potensi Pariwisata dan Kelautan adalah kekuatan besar Kepulauan Nias dan Kab. Nias Barat yang harus dikembangkan menjadi sarana untuk kemajuan daerah, ujar Kapolres Deni Kurniawan.

Dalam tahun ini Polres Nias telah memperingatkan Peningkatan Pos Polisi Lahomi dan Pos Polisi Lotu ditingkatkan statusnya menjadi Polsek. Dan kita pikirkan nanti pos pengamanan di Pulau Hinako Kabupaten Nias Barat ini, Memberi keamanan kepada wisatawan adalah syarat utama pengembangan Kepariwisataan.

Bukti bahwa Nias Barat memiliki potensi wisata yang indah ialah orang dari Amerika seperti (Steve) diam dan betah di Pulau Asu sejak 2006 yang lalu dan tadi kita saksikan sendiri bahwa Kapal dari Mentawai bersandar dan menikmati ombak yang besar di Perairan Pulau Bawa; tinggal bagaimana Pemerintah Nias Barat memanfaatkan moment ini untuk penambahan PAD melalui retribusi, seperti halnya melahirkan Perda khusus untuk itu, ujar Kapolres Nias .

Sementara Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa kedatangan saya bersama rombongan ditempat ini untuk yang ketiga kalinya” dan sangat terkesan dimana sepuluh tahun yang lalu saat kita tetapkan SMP Swasta Nusantara Hinako menjadi SMP Negeri 4 Sirombu.

“Itu momen yang sangat berkesan dimana tetesan air mata masyarakat pulau Hinako saat itu telah dihapus oleh sebuah harapan yang besar yang masa demi masa dapat bercerita”.

Hal yang indah kunjungan kali ini ketika Kapolres Nias ikut berkunjung di pulau Hinako. Di pulau ini banyak para tokoh dan pernah memimpin Pulau Nias Ini sebagai Kepala Luha (Almarhum Ama Suka Marundruri). Hidup ini yang di cari adalah kesatuan dan persatuan, mari kita lakukan yang terbaik bergandengan tangan dengan semua, menciptakan keamanan dan kenyamanan. Mari kita menjadi perekat dan saluran berkat bagi sesama, sebab hidup ini singkat, ujar Bupati.

Kunjungan kami kali ini adalah memastikan bagaimana kondisi rill masyarakat, bagaimana sektor pendidikan, sektor kesehatan infrastruktur dan perekonomian masyarakat. Kami juga memastikan program pemerintah seperti PKH, Rastra dan lain sebagainya berjalan dengan baik.

“Nias Barat pasti berkibar 20-30 tahun kedepan. Sudah sepakat dengan Kapolres Nias untuk memikirkan keamanan di Kepulauan Hinako ini. Kedepan kita harus melahirkan Peraturan Daerah (Perda) terkait aturan terhadap pihak luar yang ingin menikmati panorama dan berbagai potensi pariwisata kabupaten Nias Barat seperti halnya Kapal dari Mentawai Provinsi Sumatera Barat yang bersandar di perairan Pulau Bawa dan melakukan aksi surfing dalam waktu yang tidak menentu, hal-hal semacam ini harus kita sikapi sebagai peluang dalam peningkatan PAD”.

Sekda kabupaten Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Sc menambahkan ada sukacita tersendiri bagi saya, bisa kembali menginjakkan kaki di pulau Hinako ini karena dalam kenyataannya ada famili dan keluarga kami disini.

Setelah Bapak Bupati melantik saya sebagai Sekda Nias Barat maka sejak saat itu pula saya mempunyai beban moral untuk melakukan yang terbaik di Nias Barat ini. Bupati hanya satu orang, tetapi bukan sendirian artinya ada saya dan anda semua, mari kita bergandeng tangan untuk membangun Nias Barat.(Wardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here