Akhyar Ajak Masyarakat Jalani Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Pandemi Covid-19

15

MEDAN ketikberita.com | Hari Jadi Kota Medan ke-430 tahun 2020 dilakukan secara virtual, Rabu (1/7/2020). Melalui Command Center Balai Kota Medan, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bertindak sebagai inspektur upacara. Peringatan Dirgahayu Tanah Melayu Deli ini diikuti unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Medan Ny Ismiralda Wiriya Al Rahman, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan serta camat se-Kota Medan.

Mengawali arahannya, Akhyar mengaku bersyukur di usia ke-430, Kota Medan telah mengalami banyak kemajuan dan perkembangan pesat sehingga mampu menjadikannya kota terbesar ketiga di Indonesia. Meski demikian, masih banyak hal yang harus dibenahi khususnya dalam pembangunan kota agar manfaatnya dapat dirasakan secara merata oleh masyarakat.

“Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa kita dapat memperingati HUT Kota Medan ke-430. Ini bukanlah waktu yang sebentar, telah banyak tantangan dan rintangan yang dilalui sehingga Kota Medan kini menjadi kota metropolitan,” kata Akhyar didampingi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM.

Dalam upacara yang mengusung tema “ Sinergitas Nilai Kebangsaan Dan Kebersamaan Untuk Bergerak Maju Bersama Demi Medan Rumah Kita Dalam Tatanan Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi “ Akhyar menuturkan Kota Medan dihadapkan dengan tantangan menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang membuat peringatan Hari Jadi Kota Medan ke-430 harus dilakukan secara virtual karena penerapan protokol kesehatan salah satunya menjaga jarak fisik yang harus dipatuhi bersama.

“Pandemi yang tengah melanda Indonesia termasuk Kota Medan merupakan ujian bagi kita semua. Saya berharap, kondisi itu tidak melemahkan semangat kebersamaan dan gotong royong kita untuk bahu-membahu menghadapinya. Sebab, sejumlah langkah strategis telah kita siapkan untuk penanganan agar berjalan maksimal dan efektif,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Akhyar menghimbau seluruh jajaran di Pemko Medan agar mampu mengajak masyarakat menjalankan kultur kehidupan baru di tengah pandemi. Terlebih saat ini, Pemko Medan telah menyiapkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Pandemi Covid-19 agar masyarakat dapat melakukan aktifitas di tengah pandemi dengan berpedoman pada Perwal serta protokol kesehatan yang ditetapkan.

“Saya minta kepada seluruh pimpinan OPD, camat, lurah hingga kepala lingkungan untuk bergotong royong terus menyuarakan dan mengedukasi masyarakat agar patuh dan taat menjalani protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah yakni wajib mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, selalu sedia hand sanitizer dan tetap menjaga jarak,” pesannya.

Jelang penyelenggaraan Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Tahun 2020, mantan anggota DPRD Medan tersebut mengungkapkan Pemko Medan siap mendukung dan mensukseskan jalannya pesta demokrasi tersebut. “Penyelenggaraan pilkada yang sukses merupakan cikal bakal kemajuan kota. Maka dari mari kita kawal dan awasi bersama pelaksanaannya,” ajaknya.

Terakhir, Akhyar tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda yang telah mendukung dan membantu Pemko Medan dalam menghadapi berbagai persoalan. Begitu juga dengan seluruh aparatur pemerintahan di lingkungan Pemko Medan atas kerja keras dan kontribusi yang diberikan khususnya dalam melayani masyarakat.

Termasuk Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Medan, Dinas Kesehatan, Dinas Kebakaran, Satpol PP, RSUD Dr Pirngadi beserta seluruh tenaga medis dan kesehatan, camat, lurah, kepling, unsur TNI-Polri serta seluruh masyarakat yang berpartisipasi menangani Covid-19. Akhyar berharap, semua pihak dapat saling memberikan dukungan dan bantuan sebagai sebuah keluarga besar.

Ucapan terima kasih juga secara khusus disampaikan Akhyar kepada masyarakat Kota Medan atas dukungan dan kontribusi untuk Kota Medan. “Kepada seluruh masyarakat Kota Medan yang kita cintai, mari terus lakukan yang terbaik untuk Medan Rumah Kita. Hal baik kecil yang dilakukan, berdampak besar bagi kemajuan Kota Medan,” harapnya seraya menyampaikan maaf jika pelayanan yang diberikan belum sepenuhnya dapat memuaskan masyarakat. (er)