5000 masyarakat Nias Barat Menghadiri Launching Destinasi Wisata” Bale Bukit Zaitun “

0
68

NIAS BARAT ketikberita.com | Pemerintah kabupaten (Pemkab) Nias Barat Launching Destinasi Wisata” Bale Bukit Zaitun ” bertempat di desa Hilimbowo kecamatan Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat Sumatera Utara. Kamis (2/8)

Antusias masyarakat Nias Barat sangat tinggi, hampir 5000 masyarakat Nias Barat maupun dari luar Nias Barat menghadirinya.

Pada acara tersebut, sangat mendukung Pemerintah Kabupaten Nias Barat dan menyampaikan sambutan dan arahan serta dukungan penuh pada obyek wisata di desa Hilimbowo ini, demi peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Nias Barat.

Dalam hal ini Bupati Nias Barat.Faduhusi Daeli, S. Pd secara resmi meresmikan Destinasi Wisata Bale yang ditandai dengan Pemukulan Gong dan Penyerahan Surat Keputusan Penetapan Lokasi Destinasi Wisata Bale Bukit Zaitun di Desa Hilimbowo Kecamatan Mandrehe Utara.

Bupati Nias Barat menyampaikan bahwa Nias Barat memiliki potensi dan keunggulan, seperti panorama wisata air di desa Hilimbowo kecamatan Mandrehe Utara , Juara Silat dari Nias Barat, artis Nias Barat dll ,ini sangat menguntungkan demi kemajuan dan sangat berdampak baik pada ekonomi kerakyatan Nias Barat, paparnya.

Bupati Faduhusi Daely, S.Pd menjanjikan pada APBD 2019 akan menganggarkan pembangunan wisata Bale Bukit Zaitun desa Hilimbowo Kabupaten Nias Barat, mengakhiri.

Pemerhati Budaya sekaligus tokoh Masyarakat Bapak DR.Fonali Lahagu terpantau, dapat merangkul masyarakat terutama beberapa desa tetangga di Desa HIlimbowo untuk menyatukan pemikiran mendukung budaya dan Launching Destinasi Wisata Bale Bukit Zaitun ini.

Sementara Dr. Fonali Lahagu menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para tokoh pemuda, ketua-ketua Ormas, Lsm kepulauan Nias dan media online, cetak dan elektronik yang mengekspos dipublik panoranik Bale Bukit Zaitun serta berkenan hadir menghadiri acara launching ini tuturnya
kepada awak media dirumah adat milik orang tuanya didesa Hilimbowo-Lahagu Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat.

Fonali Lahagu menjelaskan bahwa Bale Bukit Zaitun memiliki potensi wisàta yang cukup lengkap diantaranya : Wisata Budaya, Wisata Alam, dan Wisata Sungai.

Sementara dari tokoh adat Raminudi Lahagu menyampaikan secara resmi kita serahkan buku silsilah keturunan marga Lahagu kepada Bupati Nias Barat pada acara Launching ini yang diserahkan oleh Bapak Dr Fonali Lahagu.

Ia katakan bahwa pembuatan buku ini berawal, “sudah kian ada data nama-nama keturunan marga Lahagu, dan tidak berlainan dengan tabo aslinya” karena kondisinya agak lapuk, maka disempurnakan menjadi sebuah buku agar mudah dibaca dan di foto kopi serta gampang di publikasikan dan diketahui oleh keturunan marga Lahagu se-Kepulauan Nias bahkan diluar daerah Nias, paparnya.

Tokoh ini juga menambahkan bahwa buku ini kita susun hanya sampai pada keturunan ke 19 dan itupun belum semua kita data.

Kami berharap dan sekaligus menghimbau kepada seluruh marga Lahagu atau keturunan Lahagu menghubungi kami di No Hp: 0813 2801 9888 agar terdaftar dan masuk dalam pendataan ini.

Kami sebagai pengurus ini hanya perwakilan kita bersama, silsilah atau buku ini milik marga Lahagu yang ada dibumi nusantara Indonesia umumnya dan khususnya di Kepulauan Nias ucap Raminudi mengakhiri.

Dikesempatan itu juga Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyatakan bahwa pelaksanaan Launching Bale Bukit Zaitun obyek wisata ini didukung penuh oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat dan anggaran pelaksanaan acara ini bersumber dari masyarakat itu sendiri, tuturnya.

Sementara dari tokoh masyarakat atau perwakilan keturunan pemilik lahan Bapak Folo’o Lahagu alias Ama Agus Lahagu menyampaikan ke awak media ini, bahwa kami telah setuju mengikhlaskan dan menghibahkan lahan ini kepada pemkab Nias Barat untuk dijadikan tempat obyek wisata Bale Bukit Zaitun’ tuturnya.

Acara dihadiri oleh Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd, Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Camat Mandrehe Utara, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), Ketua DPRD Nias Barat Ir.Nitema Gulo, M.Si, DR.Fonali Lahagu sebagai Tokoh Masyarakat, Prof DR.Fakhili Gulo, Kadis Pariwisata Nias Barat, Ketua Syalom Yasiduhu Gulo, Kades Sekecamatan Mandrehe Utara, Pdt.BNKP Jemaat Balodano, Ketua TP PKK Nias Barat, dan Kepala Sekolah SMAN 2 Mandrehe Utara dan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat dan ketua organisasi sekabupaten Nias Barat, bahkan Sekepulauan Nias.(Wardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here