1.895 Berkas Tilang Di Sidangkan Di PN Batam

0
52

 

BATAM,Ketikberita.com –  Angka pelanggaran lalu lintas di Kota Batam masih tinggi. Hal tersebut terlihat dari jumlah pelanggar menghadiri sidang tilang yang diputus Empat orang Hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam, Jumat (24/11/2017) pagi. Ribuan pelanggar lalu lintas, rela antri untuk memenuhi kewajiban membayar denda tilang sesuai dengan putusan hakim tunggal dalam persidangan.

Tingginya angka pelanggaran lalu lintas tentu saja terkait digelarnya Operasi Zebra Seligi yang dilakukan Poda Kepri pada tanggal 1 sampai 14 Nopember 2017 lalu. Dalam operasi tersebut banyak sekali pengendara yang kena tilang karena melakukan pelanggaran, seperti tidak memiliki SIM, tidak membawa surat-surat kendaraan dan pelanggaran lainnya.

Putusan dari Empat hakim, Taufik Nainggolan SH dengan Panitera Suhesti SH sebayak 300 berkas, Hakim Hera Polosia SH, Saryo Fernandes 607 Berkas, Hakim Rozza El SH, Herty Mariana Turnip sebanyak 643 berkas dan Hakim Reni Pitua Ambarita, Suyatno SH sebanyak 345 berkas. Sehingga jumlah pelanggar tilang sebanyak 1.895 berkas.

Denda tilang sesuai dengan putusan hakim sangat bervariasi mulai dari Rp. 80.000 sampai Rp. 300 .000. Besaran denda tersebut, sesuai pertimbangan hakim dengan mempertimbangkan sejumlah aspek dan kesalahan pelanggar lalu lintas. Sehingga jika dihitung rata rata denda tilang yaitu : Rp. 100.000 x 1.895 pelanggar maka jumlahnya: Rp. 189,5 juta.

Sementara, Kepala Pidana Umum ( Pidum ) Kejaksaan Negeri Batam, Filpan SH menyatakan semua denda pembayaran tilang langsung di masukkan pada Rekening Nasional BRI Pusat – Jaksa Agung.

Kemudian, menurut Filpan dalam waktu dekat, rencana pembayaran E-Tilang Mall pelayanan satu pintu akan ditempat Gedung Sumatera Batam Center. E-Tilang ini akan terkoneksi tanggal 2 Desember 2017 dan Launching pada tanggal 5 Desember 2017.

“Semua pembayaran akan diselesaikan disana, jika alat buktinya berupa motor maka diambil di Kejaksaan. Namun jika hanya STNK, BPKB atau surat kecil langsung diurus di Mall pelayanan,” tutur Filpan SH.(Indralis)